Peringatan Dini Banjir Pesisir Selatan Jabar, Jateng dan Yogyakarta

  • Whatsapp
ilustrasi banjir rob
Ilustrasi banjir rob wilayah pesisir. (Instagram/@diskominfokrw)

BacaJogja – BMKG Stasiun Meteorologu Tunggul Wulung Cilacap meneluarkan peringatan dini banjir pesisir rob di sejumlah wilayah pesisir di Jawa Barat, Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Peringatan dini ini berlaku 14 – 20 Mei 2022.

BMKG Stasiun Meteorologu Tunggul Wulung Cilacap Rendi Krisnawan mengatakan, fase bulan purnama yang bersamaan dengan Perigee atau jarak terdekat bulan ke bumi berpotensi menyebabkan terjadinya peningkatan ketinggian pasang air laut maksimum yang lebih signifikan.

Read More

Baca Juga: Waspada Angin Kencang dan Ombak Tinggi di Yogyakarta Hari Ini

Berdasarkan pantauan data water leve atau dan prediksi pasang surut, banjir pesisir atau rob berpotensi terjadi di beberapa wilayah pesisir indonesia pada tanggal 14 – 20 Mei 2022. Sejumlah daerah yang berpotensi terjadi banjir roba yakni :
1. Pesisir selatan Sukabumi
2. Pesisir selatan Cianjur
3. Pesisir selatan Garut
4. Pesisir selatan Tasikmalaya
5. Pesisir selatan Pangandaran
6. Pesisir selatan Cilacap
7. Pesisir selatan Kebumen
8. Pesisir selatan Purworejo
9. Pesisir selatan Yogyakarta

Baca Juga: Yogyakarta Waspada Cuaca Ekstrem Tiga Hari ke Depan

“Potensi banjir pesisir atau rob diprediksi berlangsung dengan waktu yang berbeda di tiap wilayah,” katanya dalam siaran pers, Sabtu, 14 Mei 2022.

Menurut dia, kondisi ini secara umum dapat mengganggu aktivitas keseharian masyarakat di sekitar pelabuhan dan pesisir. seperti aktivitas bongkar muat di pelabuhan, aktivitas di pemukiman pesisir, serta aktivitas tambak garam dan perikanan darat.

“Masyarakat diimbau untuk selalu waspada dan siaga untuk mengantisipasi dampak dari pasang maksimum air laut serta memperhatikan update informasi cuaca maritim dari BMKG,”jelasnya. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *