UNY Menuju Universitas Kependidikan Unggul 2025

  • Whatsapp
Sosialisasi UNY di Cilacap
UNY promosi dan sosialiasi di Cilacap. (Foto: Dok. UNY)

BacaJogja – Universitas Negeri Yogyakarta merupakan perluasan mandat dari IKIP Yogyakarta. Dengan tujuh fakultas dan satu program pascasarjana, UNY siap menjadi universitas kependidikan unggul, kreatif, dan inovatif berkelanjutan berlandaskan ketakwaan, kemandirian, dan kecendekiaan pada 2025.

Pranata Humas Rektorat UNY Dedy Herdito mengatakan, untuk menuju ke sana serangkaian prestasi sudah diraih, antara lain menyabet posisi 2 Liga Indikator Kinerja utama (IKU) tahun 2021. Dari 8 IKU yang dipertandingkan, UNY mendapat skor tertinggi pada 5 IKU yang dilombakan.

Read More

Baca Juga: Ragam Manfaat Kesehatan Mi Kulit Singkong Karya Mahasiswa UNY

Dia mengatakan, sejak menjadi universitas, UNY diberi keluasan mandat dengan membuka program studi non kependidikan. Pada era IKIP hanya menyelenggarakan proram studi kependidikan. “Kini UNY memiliki 60 program studi S1 dan 14 program studi D4,” katanya dalam sosialisasi dan wawasan perguruan tinggi di MAN 1 Cilacap, Selasa, 12 Juni 2022.

Untuk prodi S1 dapat ditembus melalui jalur SNMPTN, SBMPTN dan Seleksi Mandiri sedangkan prodi D4 hanya bisa ditembus melalui jalur Seleksi Mandiri. Pada tahun 2021 UNY menerima 11.295 mahasiswa baru dengan rincian 1.606 mahasiswa D4, 7.854 mahasiswa S1, 1.539 mahasiswa S2 dan 296 mahasiswa S3.

Baca Juga: Klasik, Astrea Prima dan Grand Mahasiswa UNY Raih Prestasi Machine Nation 2022

Dia mengatakan, bagi calon mahasiswa yang kurang mampu disarankan mendaftar melalui beasiswa KIP Kuliah agar mendapat keringanan biaya dalam studi lanjut karena tidak perlu membayar Uang Kuliah Tunggal.

Kepala Sekolah MAN 1 Cilacap H. Muslimin Winoto mengatakan dengan sosialisasi ini dapat meningkatkan minat siswa untuk menempuh studi lanjut. “Jika tidak kuliah maka hanya akan menerima bayaran sesuai dengan gaji lulusan SMA, sedangkan bila menempuh pendidikan tinggi akan berbeda,” ujarnya.

Dia mengatakan, pada tahun ini lebih dari 10 siswa MAN 1 Cilacap yang lolos SNMPTN di berbagai PTN. “Dengan berilmu pengetahuan akan mengangkat derajat kita,” ujarnya. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *