Pertemuan Jokowi dengan Presiden Ukraina Zelenskyy di Istana Maryinsky Kiev

  • Whatsapp
Jokowi ke ukraina
Pertemuan antara Presiden Joko Widodo dengan Presiden Zelenskyy di Istana Maryinsky, Kyiv, Rabu, 29 Juni 2022. (Foto: BPMI)

BacaJogja – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungam ke Ukraina. Jokowi tiba di Istana Maryinsky, Kyiv disambut oleh Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy di pintu masuk Istana pada Rabu, 29 Juni 2022 sore sekitar pukul 15.00 waktu setempat.

Dalam kunjungannya ini, Presiden Jokowi didampingi Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno LP Marsudi dan Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung.

Read More

Baca Juga: Konflik Wadas Purworejo, Negara Perlu Libatkan Warga dan Keterbukaan Informasi

Setelah penyambutan, kedua pemimpin negara tersebut masuk ke dalam Istana untuk melakukan sesi foto bersama dan dilanjutkan pertemuan tete-a-tete.

Sebelumnya, Jokowi mengatakan, lawatannya ke Ukraina dan Rusia untuk bertemu pemimpin kedua negara membawa misi perdamaian. Jokowi mengajak Presiden Ukraina Zelenskyy untuk membuka ruang dialog dalam rangka perdamaian, untuk membangun perdamaian.

jokowi ukraina
Presiden Joko Widodo tiba di Istana Maryinsky, Kyiv disambut Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy di pintu masuk Istana pada Rabu, 29 Juni 2022 waktu setempat. (Foto:BPMI)

“Karena perang memang harus dihentikan, dan juga yang berkaitan dengan rantai pasok pangan harus diaktifkan kembali,” ujar Presiden dalam dalam keterangan pers sebelum keberangkatan kunjungan luar negeri di Bandara Soekarno-Hatta, pada Minggu, 26 Juni 2022.

Baca Juga: Jokowi Tetapkan Serangan Umum 1 Maret 1949 di Yogyakarta sebagai Hari Besar Nasional

Rencananya usai dari Ukraina, Presiden diagendakan akan melanjutkan kunjungan kerjanya ke Rusia untuk bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin. “Sekali lagi, dengan misi yang sama saya akan mengajak Presiden Putin untuk membuka ruang dialog dan sesegera mungkin untuk melakukan gencatan senjata dan menghentikan perang,” tutur Presiden. (BPMI SETPRES/UN)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *