Siap-siap, Jalan Gambiran Yogyakarta Diberlakukan Satu Arah ke Selatan

  • Whatsapp
simpang tiga gambiran
Suasana simpang tiga Jalan Pramuka dan Jalan Gambiran Yogyakarta. (Foto: Dok. Pemkot Yogyakarta)

BacaJogja – Jalan Gambiran wilayah Kemantren Umbulharjo, Kota Yogyakarta akaan diberlakukan satu arah. Upaya ini dilakukan untuk menekan kepadatan lalu lintas sekaligus mengurangi potensi kecelakaaan umumnya di simpang tiga Jalan Gambiran dan Jalan Pramuka.

Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta Windarto Koeswandono mengatakan, volume capacity (VC) rasio atau perbandingan volume arus lalu lintas yang melintas dengan kapasitas jalan di Jalan Gambiran mencapai 0,93.

Read More

Baca Juga: Ruas Jalan di Sentra Bakpia Yogyakarta Berlaku Satu Arah

Kondisi ini menunjukan volume kendaraan yang melintas tinggi. Sedangkan lebar Jalan Gambiran tidak besar yakni berkisar 4,5 meter sampai 5 meter.

“Rasio Jalan Gambiran cukup tinggi, terutama saat pagi hari jam berangkat sekolah atau kerja dan sore hari. Jalan Gambiran yang lebar hanya di ujung utara sepenggal, di tengah ke selatan sekitar 4,5 meter jadi sempit sekali,” jelasnya, Selasa, 16 Agustus 2022.

Baca Juga: Banyak Daerah Bernama Kauman di Pulau Jawa, Ini Sejarahnya

Dia mengatakan, perubahan arus lalu lintas dilalukan untuk memperlancar lalu lintas di Jalan Gambiran dan menghilangkan potensi rawan kecelakaan. “Rencana Jalan Gambiran akan dibuat satu arah ke selatan. Uji coba dilakukan akhir bulan ini,” katanya.

Dinas Perhubungan rencananya akan melakukan penerapan lalu lintas satu arah Jalan Gambiran dimulai dari simpang empat SPBU Gambiran sampai ke selatan di simpang tiga Jalan Gambiran- Jalan Pramuka. Perubahan arus Jalan Gambiran dari dua arah menjadi satu arah akan berlaku untuk semua kendaraan selama 24 jam.

Baca Juga: Hotline Service dan Panduan Berwisata di Kota Yogyakarta

Windarto mengatakan, pemberlakuan arus lalu lintas satu arah juga untuk menghilangkan konflik atau pertemuan kendaraan di sekitar simpang tiga Jalan Gambiran dan Jalan Pramuka. Selama ini dengan arus lalu lintas dua arah, kendaraan dari selatan yang menuju utara ke Jalan Gambiran akan memotong arus kendaraan dari Jalan Pramuka.

“Di simpang tiga itu hambatan sampingnya cukup tinggi sehingga potensi kecelakaan lalu lintas cukup signifikan. Untuk itu, Jalan Gambiran dibuat satu arah ke selatan,” katanya.

Baca Juga: Gudeg Wijilan dan 13 Wisata Kuliner di Kota Yogyakarta

Sejauh ini Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta sudah melakukan sosialisasi kepada warga sekitar Jalan Gambiran. Warga tidak mempermasalahkan rencana tersebut karena di Gambiran ada beberapa ruas jalan subtitusi menuju arah utara seperti Jalan Gambir Sawit dan Gambir Sari yang tembus di Jalan Gambir Anom.[]

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *