10 Event Weekend di Yogyakarta Selain Jogja Air Show dan JogjaROCKarta

  • Whatsapp
Tugu Pal Putih Jogja
Tugu Pal Putih Jogja. (Foto: Nuswa Media)

BacaJogja – Akhir pekan ini di Daerah Istimewa Yogyakarta banyak event menarik yang siap memanjakan publik Jogja maupun wisatawan. Tentu salah satu event keren itu Jogja Air Show yang digelar selama tiga hari, Jumat-Minggu, 23-25 September 2022.

Jogja Air Show 2022 ini digelar di empat lokasi sekaligus. Keempat venue tersebut yakni Lanud Adisutjipto, Bukit Sriten Gunungkidul, Pantai Parangkusumo dan Depok Air Strip Bantul.

Read More

Baca Juga: Update JogjaROCKarta 2022, Hoobastank Batal Gebrak Tebing Breksi Yogyakarta

Selain event pertunjukan spektakuler di langit Yogyakarta tersebut, masih banyak event keren lainnya yang digelar pada weekend atau Sabtu dan Minggu, 24-25 September 2022 ini.

Salah satunya konser musik JogjaROCKarta bertajuk Historis Continues yang digelar di objek wisata Taman Tebing Breksi Prambanan Sleman, Yogyakarta. Event yang digelar selama dua hari, Sabtu dan Minggu ini menghadirkan band-band papas atas Tanar Air seperti Edane, Jamrud, Superman Is Dead, Ahmad Band dan lainnya.

Event lainnya yang digelar pada Sabtu-Minggu, 24-25 September 2022 di Yogyakarta silakan simak di bawah ini.

Daftar Event di Yogyakarta Sabtu-Minggu, 24-25 September 2022

1. Jogjakarta Rame Volkswagen 2022
Sabtu dan Minggu 24-25 September 2022
Mentaok VW Team Jogjakarta menggelar Jogjakarta Rame Volkswagen (JRVW) yang dilaksanakan bersamaan dengan Jambore Nasional (Jamnas) Volkswagen Indonesia ke-51 oleh Volkswagen Indonesia Association (VIA). Event digelar Jogja Expo Center (JEC).

Event bertajuk “Ngumbar Katresnan” berbagi cinta dan kebahagiaan bersama sedulur VW se-Indonesia Raya. Akan ada kontes VW, rare VW display, photo competition, bakti sosial, gathering, dhahar kembul bersama, dan masih banyak aktivitas seru lainnya. Selain itu, di event ini menjadi ajang ngumpul guyub bareng, sembari menikmati berbagai pilihan kuliner spesial dan berbelanja produk-produk lokal terpilih.

Baca Juga: Hoobastank Batal Tampil di JogjaROCKarta 2022, Artis Pengganti Siapa?

2. Lanterne Festival de Paris “LF de Paris”
Sabtu, 24 September 2022
Venue: Pantai Widuri Parangtritis Bantul
Event keren bakal tersaji akhir pekan ini di Pantai Widuri, kawasan Pantai Parangtritis, Bantul, Yogyakarta.

Evet bertajuk Nite Lantera Festival #5 tahun ini menyajikan Festival 1001 Lampion Terbang. Ada juga penampilan konser musik dengan line-up artis antara lain Maulana Ardiansyah, Woro Widowati, TTM Akustik, Rekan Music dan atraksi penampilan lainnya.

3. Jogja Folding Bike KAI 100K
Minggu, 25 Sepetember 2022
KAI 100K merupakan kegiatan bersepeda dengan menempuh jarak 100km mengelilingi Yogyakarta dengan lokasi start-finish di Plataran Candi Prambanan. Peserta akan melewati rute dengan view yang menarik, sambil menikmati budaya dan kuliner khas Yogyakarta. Banyak doorprize dalam event ini.

Dengan mengikuti event ini juga turut berkontribusi melestarikan bumi dengan program penghijauan menanam 1.000 pohon dan pemberian fasilitas belajar di sekolah-sekolah yang dilewati jalur KAI 100K ini.

Baca Juga: Event Keren Gunungkidul Tourism Fest di Watu Gendong, Catat Tanggalnya!

4. Glagah Tropicolorun 5K 2022
Minggu, 25 September 2022
Event ini merupakan kegiatan olahraga dengan berlari menyusuri pasir Pantai Glagah, Temon, Kulon Progo. Untuk ikut event tidak dipungut biaya, tarifnya cukup Rp6.000 sebagai tiket masuk objek wisata Pantai Glagah. Tiket tersebut untuk ditukar dengan kupon doorprize senilai jutaan rupiah.

5. Jelajah Museum Benteng Vredeburg
Sabtu, 24 September 2022
Kunjungan ke Museum dengan didampingi edukator, diskusi sejarah, pentas musik dan tentu saja Games yang seru dan menantang. Acara ini gratis.

Persyaratan wajib punya Akun Instagram dan follow akun Instagram @museum.benteng.vredeburg dan @malamuseum. Bukti follow akan menjadi syarat penerimaan peserta.

Baca Juga: JogjaROCKarta 2022: Info Lengkap Tiket, Rundown dan Daftar Artis

6. Beach Voluntrip
Minggu 25 September 2022
Venue : Pantai Goa Cemara Bantul
Kegiatan ini punya misi menyelamatkan habitat penyu di dunia yang mulai langka. Padahal penyu bagian dari ekosistem laut yang mesti dipertahankan.
Dengan ikut berkontribusi dalam kegiatan “Beach Voluntrip” akan mendapatkan edukasi konservasi penyu, edukasi sampah, ikut andil dalam membersihkan pantai dan yang paling seru kita akan ada fun space main games bareng dan pelepasan penyu bersama.

7. Pameran Seni Rupa “Ajur Ajer”
22 September – 2 Oktober 2022
Venue : Bentara Budaya Yogyakarta Jl. Suroto Nomor 2, Kotabaru

Pameran ini akan menampilkan sejumlah karya dari 26 perupa, yaitu Andre Tanama, Bambang Herras, Bambang Pramudiyanto, Bonaventura Gunawan, Budi Ubrux, Dyan Anggraini, Djoko Pekik, Edi Sunaryo, Erica Hestu Wahyuni, Hadi Soesanto, Hari Budiono, Irwanto Lentho, Ivan Sagita, Lucia Hartini, Melodia, Nasirun, Ong Hari Wahyu,Subandi Giyanto, Pupuk DP, Putu Sutawijaya, Samuel Indratma, Sigit Santoso, Susilo Budi Purwanto, Theresia Agustina Sitompul, Wayan Cahya, dan Yuswantoro Adi.

Baca Juga: Jogja Ada Event Apa Akhir Pekan Ini? Simak Neh, Daftar 7 Acara Keren!

8. Gunungkidul Tourism Fest 2022
Sabtu, 24 September 2022
Veneu : Objek Wisata Watu Gendong Ngawen
Gunungkidul Tourism Fest 2022 menyajikan banyak agenda menarik mulai pukul 15.00 WIB. Agenda yang tersaji antara lain konser musik, peragaan kain batik, demo membatik, pameran UMKM, fire dance, traditional dance, photo contest dan lain-lain.

Event ini menghadirkan bintang tamu Pedhoza dan Ardha. Selain itu juga ada penampilan dari Bohemian Band, Pandika Kamajaya, Dias Erlangga, Lohjinawi Music, Rinding Gumbeng.

Dalam event yang dipandegani Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul ini juga ada hadiahnya. Terutama untuk photo contest on the spot. Dipilih juara 1, 2 dan 3 dengan hadiah uang tunai dan bingkisan menarik.

Baca Juga: Daftar Artis JogjaROCKarta 2022 di Tebing Breksi Yogyakarta Selain Hoobastank

9. Festival Kebudayaan Yogyakarta 2022 ‘MEREKAH RUAH’
12-25 September 2022
Memasuki hari-hari terakhir gelaran FKY 2022.
– Kamis – Sabtu, 22-25 September 2022
Pukul 15.00-22.00 Pasar & Panggung FKY di Taman Kuliner Condongcatur
Sabtu, 24 September 2022
– Pukul 15.30-18.00 Wicara (Public Lecture: Unhistoried) di Taman Kuliner Condongcatur
Minggu, 25 September 2022
– Pukul 16.00-17.30 Pertunjukan Penutupan FKY 2022 di Taman Kuliner Condongcatur.

Baca Juga: Daftar Event Unggulan di Bantul Yogyakarta September 2022

10. Anugerah Desa Wisata “Menebar Pesona” Asah Terampil Pariwisata
Sabtu, 24 September 2022
Venue : Muara Pantai Glagah Kulon Progo
Dalam acara Anugerah Desa Wisata “Menebar Pesona” Asah Terampil Pariwisata ini akan ada kirab 22 desa wisata. Acara dimulai pukul 09.00 WIB. Mereka akan menampilkan potensi desanya masing-masing, termasuk atraksi seni dan budayanya.

Selain kirab 22 desa budaya, event dipastikan menarik karena juga ada konser musik dengan menampilkan sejumlah grup band. Special performance dari Aftershine, Derradru dan Nyi Ageng Ethnic siap menghibur pengunjung. Open Gate mulai pukul 14.00 WIB.

Menarinya lagi, acara yang dipandu oleh Rio Srundeng dan juga Tere Sotil ini gratis. Pengunjung cukup membayar Rp6.000 sebagai tiket masuk objek wisata Pantai Glagah.

Selain event di atas, masih ada event lainnya seperti pentas seni Jathilan. Bgi penyuka event pentas Jathilan, BacaJogja merangkumnya dalam artikel terpisah pada LINK INI. Ada juga pasar malam Jogja Gumregah di eks Kampus STIE Kerja Sama Jalan Parangtritis serta pasar malam rangkaian acara Rebo Pungkasan di Lapangan Wonokromo, Pleret, Bantul. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *