Operasi Zebra Progo di Bantul Tindak 5.672 Pelanggar, Apa Anda Termasuk?

  • Whatsapp
operasi zebra progo di bantul
Operasi Zebra Progo 2022 di Blok O Banguntapan Bantul. (Foto: Dok. Polres Bantul)

BacaJogja – Polres Bantul selama 10 hari pelaksanaan Operasi Zebra Progo 2022 sudah menindak sebanyak 5.672 pelanggar. Jumlah tersebut merupakan total pengguna jalan yang melangar, baik yang ditilang secara Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) maupun teguran.

Iptu Maryono, S.H. Kanit Gakkum Satlantas Polres Bantul menyatakan, sebanyak 5.672 pelanggaran tersebut yang terdiri dari beberapa jenis pelanggaran, baik pelanggaran ETLE dan teguran.

Read More

Baca Juga: Siapkan SIM-STNK, Ini 6 Lokasi Sasaran Operasi Zebra di Kulon Progo

Kaposko Operasi Zebra Polres Bantul 2022 ini mengungkapkan, dari data Operasi Zebra Progo tahun 2022 di wilayah hukum Polres Bantul, pelanggaran didominasi oleh para pengendara motor tidak menggunkan helm. Disusul pelanggaran kendaraan yang tidak standar, khususnya menggunakan knalpot blombongan.

Selain memberi tilang kepada pelanggar, petufas juga memberikan teguran. Teguran diberikan saat petugas melakukan patroli humanis yang bertajuk Simanis atau Polisi Humanis.

Baca Juga: Naik Motor Jangan Masuk Jalur Cepat Ring Road, Ratusan Kena Tilang

“Konsepnya anggota Satlantas berpatroli mobile, disamping memberi rasa nyaman untuk kehadiran Polisi di tengah masyarakat dan juga mengimbau masyarakat yang melanggar aturan,” katanya, Selasa, 12 Oktober 2022.

Menurut dia, selama operasi, telah terjadi 55 kecelakaan lalu lintas dengan korban 65 mengalami luka ringan. Penyebab kecelakaan mayotitas disebabkan dari human error atau disebabkan dari pengendara itu sendiri.

Baca Juga: Operasi Zebra 2022 Pakai Tilang ETLE, Ini Daftar Lokasinya di Yogyakarta

“Human error seperti kurang konsentrasi dan kurang bijak dalam berkendara, baik dari atur kecepatan, kelengkapan berkendara seperti helm ataupun standar kendaraan itu sendiri,” papar Maryono.

Ditambahkan, jam rawan terjadinya kecelakaan adalah pagi dan sore hari. Pada jam-jam tersebut lalu lintas padat karena warga banyak yang beraktivitas baik berangkat kerja maupun pulang kerja. “Malam hari juga sering terjadi kecelakaan di tempat yang kurang penerangan,” imbuhnya.

Baca Juga: Beredar Bocoran 22 Titik Operasi Zebra Progo 2022 di Yogyakarta

Iptu Maryono mengimbau warga selalu bijak dalam berkendara. “Kami berharap masyarakat selalu tertib berlalu lintas baik di masa maupun di luar Operasi Zebra. Lebih bijak berkendara dengan menggunakan helm, kendaraan sesuai standar dan lengkapi surat-surat yang berlaku sesuai aturan,” jelasnya. (Polres Bantul)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *