Semarak Bulan Bahasa, MAN 3 Bantul Launching 11 Buku

  • Whatsapp
launching buku MAN 3 Bantul
Semarak Bulan Bahasa sekaligus memperingati Maulid Nabi, MAN 3 Bantul melaunching 11 buku karya siswa dan guru. (Foto: Istimewa)

BacaJogja – Menghasilkan karya berbentuk tulisan yang dibukukan merupakan kebanggaan dan juga impian banyak orang. Selain menjadi rekam jejak kenangan, buku juga bisa menjadi ladang amal jariyah bagi penulisnya. Inilah yang menjadi penyemangat civitas MAN 3 Bantul dalam menyusun karya dalam bentuk puisi, cerpen dan juga artikel.

Seiring dengan semarak Bulan Bahasa dan juga dalam rangka memperingati Maulid Nabi, MAN 3 Bantul melaunching 11 buku yang telah dicetak di halaman madrasah pada Kamis, 27 Oktober 2022. Kegiatan yang bertemakan Bangkit Bersama, Wujudkan generasi MANTABA Banyak Karya dan Berakhlak Mulia tersebut menghadirkan Habib Musthafa Sayyidi Baraqbah, Lc dan Evi Idawati.

Read More

Baca Juga: Lampaui Target, MAN 3 Bantul Wisuda 78 Penghafal Alquran

Kegiatan diawali pembacaan selawat oleh seluruh civitas dipimpin langsung oleh Habib Musthafa yang juga sekaligus menyampaikan tausiyah. Sementara itu dalam rangka menyemangati siswa untuk menjadi pemuda generasi hebat penerus bangsa, Evi Idawati sang penyair terkenal dan telah menghasilkan banyak karya tersebut mengajak siswa untuk memiliki kecintaan dan gemar terhadap buku, gemar berpuisi dan tidak hanya gemar tik tok.

Dalam kesempatan tersebut Evi membaca puisi dengan begitu mengagumkan. Dirinya juga mengajak seluruh siswa untuk membaca puisi bersama-sama. “Generasi muda mengakrabi puisi dengan riang hati,“ tandas Evi.

Dia juga berharap siswa mengakrabi sastra puisi sehingga menemukan kalimat kalimat puisi terbaik yang bisa untuk memahami hakikat makna hidup. Selepas membacakan puisi, Evi melaunching 11 buku karya siswa dan guru MAN 3 Bantul dengan didampingi kepala madrasah Drs. Syamsul Huda, M.Pd.

Baca Juga: Seribuan Siswa dan Guru SMPN 1 Bantul Pamer Pantun di Bulan Bahasa

Adapun 11 judul buku yang dilauncing yakni:
– Suara Hati Sang Guru karya guru MAN 3 Bantul
– buku solo novel Nano Nano karya Vicky Sa’adah
– buku solo Diary Lukaku karya R. Audy Ambara Wibisana
– buku solo Gelombang Nada Basket karya Aufanida Rahma Finanda
– buku antologi artikel MAN 3 Bantul The Best Choice
– buku antologi puisi Gemintang Cita Mantaba
– buku antologi cerpen Nyanyian Semesta untuk Mantaba
– buku antologi puisi Jejak Pencari Jati Diri
– buku antologi cerpen Mahakarya Generasi Mantaba
– buku antologi puisi Serenade Rasa
– buku artikel Pengurus OSIM Bima Sakti MAN 3 Bantul berjudul Metamorfosis.

Baca Juga: Bupati Bantul Sebut Minim Literasi Memicu Mudah Tersulut Hoaks

Launching dilakukan dengan membubuhkan tanda tangan di setiap buku.

Syamsul merasa bangga dan bersyukur terhadap karya yang begitu banyak. Menurutnya menulis adalah sumber amal yang sangat baik dan menulis juga memanjangkan usia karena tulisan yang dihasilkan akan menjadi abadi. “Terima kasih untuk tim literasi madrasah yang telah berhasil memotivasi dan menginspirasi sehingga gerakan literasi madrasah semakin meningat,” tegasnya.

Kepala perpustakaan Ulil Albab, Kholif Diniawati menyampaikan program penulisan karya siswa dan guru telah secara rutin dilakukan setiap tahun. “Kami memberikan fasilitas cetak buku bagi seluruh civitas yang bisa menghasilkan karya dalam bentuk antologi maupun buku solo,” kata Kholif. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *