Rangkaian Event Canden Fest #1 di Bantul, Ada Kirab Budaya dan Pasar Malam

  • Whatsapp
canden fest
Salah satu rangkaia acara Canden Fest pada tahun lalu. (Foto: Pemkab Bantul)

BacaJogja – Kalurahan Canden, Kapanewon Jetis, Kabupaten Bantul, Yogyakarta merayakan Hari Jadi ke-76 tahun. Untuk menyemarakkannya dengan menggelar event Canden Fest #1 tahun 2022 dengan mengusung tema Gumregah Gumbira Nyawiji Mbangun Deso.

Rangkaian event berlangsung selama satu bulan. Dimulai pada Minggu, 6 November 2022 dengan Kirab Budaya dan Upacara. Adapun rangkaian acara Canden Fest #1 sebagai berikut:

Read More

1. Kirab Budaya dan Upacara tanggal 6 November 2022
2. Pasar Malam tanggal 13-27 November 2022
3. Pentas Seni Padukuhan tanggal 20-27 November 2022
4. Stand Padukuhan tanggal 20-27 November 2022
5. Doa Bersama dan Santuan tanggal 25 November 2022
6. Kethoprak Pamong tanggal 26 November 2022
7. Jalan Santai tanggal 27 November 2022

Baca Juga: Artis Campursari Cak Diqin Meriahkan Pasar Rakyat Jogja Gumregah

Lurah Canden, Beja WTP mengatakan, event ini mengusung tema Gumregah, Gumbiro, Nyawiji Mbangun Deso. Tema ini sebagai spirit masyarakat Canden untuk semangat bergembira dan bersama-sama membangun Kalurahan Canden

Pada event ini akan ditampilkan berbagai potensi Canden keunggulan dari 15 padukuhan dan melibatkan masyarakat yang kini telah berpredikat Desa Wisata, Desa Prima, Desa Enterpreneur dan Desa Budaya.

Baca Juga: Daftar 12 Event Jogja Akhir Pekan Ini, dari Konser hingga Pasar Malam

Dana penyelenggaran menggunakan APBKal dan Dana Keistimewaan. Dalam kirab budaya akan menampilkan bregada prajurit dan gunungan hasil kreasi dari 15 pudukuhan. Gunungan juga akan diperebutkan oleh masyarakat.

Lurah Canden, Beja WTP mengatakan, dalam event Canden Fest #1 ada acara pasar malam yang ditunggu masyarakat, digelar selama 14 hari. Setiap malam menampilkan kesenian potensi dari padukuhan. “Pentas kesenian ini menjadi kebanggaan padukuhan dalam melestarikan dan mengembagkan kesenian sekaligus menghibur masyarakat,” ungkapnya.

Baca Juga: Gebyar Bantul Creative Expo 2022, Warganet: Sampahnya Banyak Banget

Saat jalan dan senam sehat massal serta santunan anak yatim juga akan dilengkapi dengan acara minum bersama jamu tradisional gendhong produk Desa Wisata Sehat Dusun Keringan sebanyak 5.000 cup jamu untuk para peserta. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *