Jelang Libur Tahun Baru, Kapolda DIY Pantau Pantai Parangtritis Bantul

  • Whatsapp
kapolda di parangtritis
Kapolda DIY Irjen Pol Suwondo melakukan pemantauan Pantai Parangtritis menjjelang libur Tahun Baru, (Foto: Dok. POlda DIY)

BacaJogja – Kapolda DIY Irjen Pol Suwondo Nainggolan memastikan langsung kesiapan petugas yang berjaga di sejumlah kawasan wisata yang ada di Yogyakarta. Salah satunya memantau objek wisata unggalan Pantai Parangtritis di Kabupaten Bantul pada Senin 26 Desember 2022.

Pemantauan ini masih dalam Operasi Lilin Progo 2022. Pengamanan liburan Nataru tahun ini, Polda DIY mengerahkan 2057 personel Polri yang bertugas beserta TNI dan Stakeholder lainnya guna menjamin keamanan sehingga situasi di DIY tetap dalam keadaan kondusif.

Read More

Baca Juga: Jadwal 8 Perjalanan KA Prameks Jogja-Kutoarjo pada Masa Nataru 2022-2023

Dalam pemantauan tersebut, Kapolda menemui beberapa petugas yang berjaga di Pos SAR Parangtritis di kawasan pantai yang sering disebut Paris ini. Dia mengecek kelengkapan peralatan dan keselamatan serta alat public address yang digunakan untuk berikan imbauan kepada wisatawan yang datang.

Kapolda menyampaikan salah satu fokus Polda DIY saat ini adalah pengamanan wisatawan saat liburan di Yogyakarta hingga akhir tahun. “Diperkirakan akan banyak wisatawan yang masuk ke DIY saat liburan Nataru tahun ini, sehingga menjadi perhatian kami (pengamanan), keselamatan wisatawan,” ucapnya.

Baca Juga: Daftar Event Spektakuler Malam Tahun Baru 2023 di Yogyakarta

Dia menyampaikan petugas bekerja keras dalam menjaga keamanan di tengah membludaknya wisatawan yang datang. “Kami lihat bagaimana tadi petugas menggunakan kendaraan ATV, berikan himbauan kepada pengunjung larangan mandi atau berenang di laut, karena sangat membahayakan jiwa,” jelasnya.

Lebih lanjut Kapolda mengungkapkan, operasi digelar selama 11 hari ke depam mulai 23 Desember 2022 hingga 2 Januari 2023. Ada empat kerawanan yang menjadi fokus Polda DIY, teror dan sabotase tempat ibadah, kemacetan lalu-lintas akibat peningkatan wisatawan serta cuaci ekstrim yang berpotensi bencana.

Baca Juga: Jadwal Lengkap KA Bandara YIA Terbaru Sambut Natal dan Tahun Baru 2023

Kapolda mengatakan, dalam operasi lilin ini juga mendirikan setidaknya 14 Pos Pengamanan, tiga Pos Pelayanan dan lima Pos Terpadu, yang kami sebar di beberapa tempat di Wilayah Hukum Polda DIY. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *