Agus Budi Raharja Resmi Menjabat Sekda Bantul, Ini Profilnya

  • Whatsapp
Sekda Bantul Agus Budiraharja
Agus Budiraharja yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Dinas Kesehatan resmi dilantik menjadi Sekretaris Daerah (Sekda) Bantul. (Foto: Pemkab Bantul)

BacaJogja – Agus Budi Raharja yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Dinas Kesehatan resmi dilantik menjadi Sekretaris Daerah (Sekda) Bantul. Dia menggantikan sekda sebelumnya, Helmi Jamharis yang pensiun per 1 Januari 2023.

Bupati Bantul Abdul Halim Muslih mengatakan, sekda merupakan jabatan startegis. Menduduki jabatan publik, bukan berarti menduduki kursi empuk di zona nyaman.

Read More

Baca Juga: Penjelasan Sekda soal PT Anugerah HeHa Bangun Wisata di Imogiri Bantul

Menurut dia, Sekda adalah motor penggerak Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) yang mempunyai peran yang sangat penting. Perannya membantu kepala daerah dalam menyusun kebijakan, serta membina hubungan kerja dengan dinas, lembaga teknis dan unit pelaksana lainnya.

“Tetapi justru membawa amanah dan tanggung jawab publik, sesuai bidang ketugasannya. Perlu komitmen, kemauan kuat, dan tanggung jawab penuh, agar amanah itu bisa terwujud,” katanya saat pengambilan sumpah jabatan di di Pendopo Parasamya Pemkab Bantul pada Jumat, 6 Januari 2022.

Baca Juga: Waspada, Foto Profil Wabup Bantul Dicatut Penipuan Pembangunan Masjid

Agus Budi Raharja menyampaikan, langkah awal yang dilakukan yakni menganalisis beberapa hal. Pencapaian yang sudah on the track akan diteruskan. Selain itu juga menganalisis kekurangan-kekurangan yang mungkin harus diakselerasi dan mengidentifikasi potensi-potensi untuk percepatan program.

“Kami dirinya beserta jajaran akan mulai membuat Grand Design Tahun 2024 sambil menyusun laporan tahun 2022 dan melaksanakan rencana-rencana di tahun 2023 ini,” jelasnya.

Baca Juga: Sri Sultan Rencana Bangun Sekolah Khusus Pelaku Kejahatan Jalanan di Bantul

Agus resmi dipilih sebagai Sekda salah satunya dianggap sukses dalam mengatasi pandemi Covid-19. Dia menggagas pendirian rumah sakit darurat khusus pasien Covid-19 di berlokasi di Kecamatan Bambanglipuro. Idenya ini mendapat apresiasi dari pemerintaah pusat dan Provinsi DIY.

Adapun jenjang karir sebelum menjabat sekda sebagai berikut:
– Kabid Pendidikan, Kebudayaan, dan Kesehatan Bappeda Bantul
– Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan
– Direktur RSUD Panembahan Senopati Bantul
– Kepala Dinas Kesehatan Bantul
– Sekda Bantul []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *