Waspada, Foto Profil Wabup Bantul Dicatut Penipuan Pembangunan Masjid

  • Whatsapp
akun palsu
Aku npalsu mengatasnamakan Wakil Bupati Banul Joko B. Purnomo. (Foto: Istimewa)

BacaJogja – Beredar pesan melalui WhatsApp yang berisi meminta sumbangan atau donasi fasilitas kebutuhan masjid, pondok pesantren dan lainnya dengan memasang foto profil sejumlah pejabat di Kabupaten Bantul.

Salah satunya nomor WA +62 812-1340-8053 memasang foto profi Wakil Bupati Bantul Joko B, Purnomo. Padahal nomor tersebut bukan nomor orang nomor dua di Bumi Projotamansari alias merupakan akun palsu.

Read More

Baca Juga: Pria Asal Gunungkidul Gelapkan Motor Teman Demi Gaya Hidup dan Judi Online

Ada juga nomor lain yang mengastamakan istri bupati Bantul Emi Masruroh dan Sekda Bantul Helmi Jamharis. Nomor WA tersebut dipastikan bukan nomor yang bersangkutan. Modusnya sama yakni mengirim pesan meminta sumbangan untuk kebutuhan masjid.

Warga dimita waspada jika menerima pesan WA seperti itu. Pemkab Bantul memastikan jika ada yang menghubungi dengan mengantasnamakan pejabat di Bantul diminta tetap waspada karena berpotensi penipuan.

Baca Juga: Ini Dia, Penipuan Berkedok Investasi yang Lagi Tren

“Hallo sedulur Bantul,
menginformasikan warga Bantul & sekitarnya bahwa jika ada yang menghubungi mengatasnamakan Pemerintah Kabupaten Bantul, dengan foto profil Wabup Bantul, Istri Bupati Bantul, dan Sekda Bantul yang tujuannya mau membantu fasilitas kebutuhan masjid atau sebagainya, itu merupakan oknum yang akan melakukan penipuan, dimohon untuk tetap waspada njih lur,” demikian pesan yang disampaikan Pemkab Bantul melalui akun resmi Facebook @pemkabbantul seperti dilihat BacaJogja pada Senin, 9 Mei 2022.

Baca Juga: Tergiur Bisnis Handphone, Warga Kulon Progo Kehilangan Rp192 Juta

Pemkab Bantul juga menyertakan screenshot pesan yang berisi permintaan sumbangan, antara lain mengastamakan istri wakil bupati berikut isinya:
“Sebelumnya saya perkenalkan Ibu Emi Masruroh selaku bupati bantul. Saya mau menggalang donasi berupa uang untuk berbagai yayasan ponpes dan sekolah paud. Apa benar ini saya berbicara dengan pengurus yayasan?”

Sedangkan nomor yang mengatasnamakan Sekda, berikut pesannya:
“Pekenalkan nama saya Bpak Helmi Jamharis sekretaris Bpk Bupati. Alhamdulillah saya menyampaikan dan menyalurkan amanah donasi dari bupati untuk Taan Pendidikan (TPA/TPQ) Al Istiqomah pak.” []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *