Gempa M 4,7 Guncang Selatan Jawa Timur

  • Whatsapp
gempa bumi
Ilustrasi gempa bumi. (Foto: Istimewa)

BacaJogja – Gempa bumi terjadi pada Sabtu, 7 Januari 2023 pukul 05.27.53 WIB wilayah Selatan Jawa Timur. Hasil analisis BMKG menunjukkan informasi awal gempabumi ini berkekuatan M4,7.

Kepala Stageof Sleman Setyoajie Prayoedhie mengatakan, episenter gempa bumi terletak pada koordinat 10.78 LS dan 112.54 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 293 km arah Barat Daya Kabupaten Malang, Jawa Timur pada kedalaman 10 km.

Read More

Menurut dia, memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat adanya aktivitas seismik di zona outer rise lempeng Indo-Australia.

Guncangan gempabumi ini dirasakan di daerah Dinoyo Kabupaten Malang II MMI ( Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang dan kaca rumah bergetar).

“Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami,” katanya dalam siaran pers, Sabtu, 7 Januati 2022.

Dia mengatakan, hingga pukul 09:00 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan atau aftershock.

Terkait hal ini, BMKG mengeluarkan rekomendasi:
1. Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

2. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yg membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah.

“Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi ,” ujarnya. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *