Jaring Caleg Berintegritas, PKB Bantul Gelar Uji Kelayakan dan Kepatutan Bacaleg

  • Whatsapp
caleg dpc pkb bantul
DPC PKB Bantul menggelar Uji Kelayakan dan Kepatutan Bacaleg untuk menjaring Caleg berintegritas yang berkontenstasi pada Pileg 2024., (Foto: Istimewa)

BacaJogja – Dewan Pengurus Cabang (DPC) Partai Kebangkitan Bangsa Kabupaten Bantul menggelar Uji Kelayakan dan Kepatutan (UKK) Bakal Calon Anggota Legislatif (Bacaleg) untuk DPRD Bantul periode 2024- 2029.

Ketua DPC PKB Bantul Abdul Halim Muslih mengatakan, UKK dimaksudkan untuk menjaring caleg-caleg yang berintegritas untuk ikut kontestasi pemilu tahun 2024. “PKB Bantul menyelenggarakan UKK untuk memastikan caleg yang diusung partai nanti memiliki integritas yang tinggi, visioner, dan memiliki komitmen untuk berjuang demi kepentingan masyarakat secara luas”, ungkapnya.

Read More

Baca Juga: PCNU Bantul Punya Toko Modern NUMart, Upaya Memperkuat Ekonomi Kerakyatan

Kegiatan UKK DPC PKB Bantul ini melibatkan unsur ulama dan akademisi sebagai tim penguji. Mereka adalah Drs. KH. Damanhuri selaku Rais Syuriah PCNU Kabupaten Bantul dan Dr. H. Riyanta, M.Hum selaku Dosen Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

UKK Bacaleg dilaksanakan setelah sebelumnya DPC PKB Bantul melakukan input nama-nama bakal calon yang akan ikut dalam kontestasi pemilu 2024 dalam Sistem Informasi Pencalonan (Sipol) internal PKB.

Baca Juga: Komunitas Anak Muda Pendukung Gus Muhaimin Bagi-bagi Bunga di Malioboro

Sekretaris DPC PKB Bantul H. Subhan Nawwawi mengatakan, PKB menyelenggarakan UKK sesuai dengan peraturan yang ditetapkan oleh DPP PKB sebagai langkah- langkah internal yang harus dilakukan oleh pengurus di tingkat Kabupaten. “Untuk tahapan yang lain kami mengikuti aturan-aturan yang telah ditetapkan oleh KPU sebagai penyelenggara pemilu,” ucapnya.

UKK Bacaleg dilaksanakan sehari penuh mengingat kompetensi dan komitmen oleh para bakal calon anggota legislatif diuji secara detail oleh para penguji satu per satu secara bergantian.

Baca Juga: Pekerja Kreatif Yogyakarta Deklarasi Dukung Gus Muhaimin Capres 2024

Ketua Lembaga Pemenangan Pemilu DPC PKB Bantul Bambang Gunawan mengungkapkan, UKK menunjukkan kesiapan partai dalam menghadapi pemilu 2024 mendatang. “Partai PKB sangat siap dalam kontestasi pemilu 2024, Langkah itu sudah kami siapkan sejak awal
diantaranya dengan menyelenggarakan UKK,” ungkapnya. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *