PKB Bantul Targetkan Tambah Kursi Tiap Dapil pada Pemilu 2024

  • Whatsapp
pkb bantul
Forum Laskar PKB Bantul saat mendampingi pendaftaran bacaleg di KPU, Sabtu, 13 Mei 2023. (Foto: Istimewa)

BacaJogja – Dewan Pengurus Cabang (DPC) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Bantul mendaftarkan bakal calon legislatif (Bacaleg) ke KPU, Sabtu, 13 Mei 2023. Pendaftaran 45 bacaleg partai nomor urut 1 ini disambut iringan rebana dan diawali doa dari kiai.

Ketua DPC PKB Bantul, Abdul Halim Muslih memastikan seluruh bacaleg yang didaftarkan tersebut sudah memenuhi 100 persen persyaratannya. Selain itu ditegaskan bahwa seluruhnya telah memenuhi 30 persen unsur perempuan. “Memenuhi 30 persen kuota perempuan di setiap dapil (daerah pemilihan),” tegasnya.

Read More

Baca Juga: Khudhori Resmi Daftar sebagai Calon DPD RI ke KPU DIY, Ini Profilnya

Selain itu, Halim menyebut jika seluruh bacaleg telah dinyatakan lulus Uji Kelayakan dan Kepatutan (UKK). Dimana penguji dalam UKK tersebut merupakan akademisi dan internal partai. Sehingga dipastikan seluruhnya memiliki kapabilitas serta pemahaman tentang politik dan pemerintahan.

Tak hanya itu, setelah Daftar Caleg Sementara (DCS) ditetapkan, seluruh bacaleg harus mengikuti diklat yang akan diselenggarakan oleh DPC PKB Bantul. Tujuannya untuk membekali caleg tentang pemahaman kelegislatifan.

Baca Juga: PKS Target Dapat 9 Kursi DPRD DIY pada Pemilu 2024

Selain itu dalam diklat tersebut caleg juga akan diberikan pemahaman lebih dalam tentang kondisi politik di Bantul serta peta elektoral. Sehingga nantinya caleg PKB harus memahami sosiokultur masyarakat dan isu di dapilnya masing-masing.

Latarbelakang bacaleg PKB Bantul dijelaskan Halim cukup lengkap, selain incumbent yang sebelumnya diwajibkan untuk maju lagi, terdapat unsur dari pengurus partai, profesional, dan pengusaha yang seluruhnya adalah kader terbaik. “Seluruhnya merupakan kader-kader terbaik PKB di Bantul,” tandasnya.

Baca Juga: Ini Rekomendasi Rakerwil Partai Ummat DIY 2023

Sementara itu, ditanya terkait jumlah target perolehan kursi PKB di Bantul, Halim mengaku masih belum waktunya untuk disampaikan. Hanya saja, Halim mengaku target perolehan kursi ini tak tanggung-tanggung.

Pria yang juga menjabat sebagai Bupati Bantul ini menegaskan harus ada penambahan jumlah perolehan kursi di semua dapil. “Di semua dapil harus naik, tidak hanya suaranya, tapi juga kursinya,” tegasnya.

Dia mewanti-wanti agar seluruh caleg dari PKB berkompetisi secara sehat dan produktif. Pihaknya menyebut semua caleg PKB di Bantul harus patuh terhadap keputusan partai termasuk terkait dengan pemilihan presiden (pilpres). “Semua kader (PKB) baik caleg maupun bukan caleg harus tegak lurus dengan keputusan partai, kalau tidak nanti akan ada sanksi,” imbuhnya.

Baca Juga: Gandung Pardiman Tegaskan Airlangga Hartarto Wajib Capres atau Cawapres di Koalisi Apapun

Pihaknya berharap masyarakat melaksanakan pesta demokrasi ini dengan riang gembira dan cermat melihat rekam jejak caleg. Sehingga masyarakat bisa lebih rasional dalam memilih, jangan sampai memilih karena kepentingan pragmatis apalagi karena money politics.

Koordinator Forum Laskar PKB Bantul, Bowo Susanto memastikan seluruh laskar siap memilih dan mendukung caleg PKB. Baginya caleg partai berlambang bintang sembilan itu dinilai mampu mengemban tugas dan mewakili aspirasi masyarakat secara umum.

Dia juga tengah fokus memberikan edukasi dan kampanye politik sehat kepada masyarakat. Dengan harapan keterpilihan caleg di semua dapil se-Bantul akan benar-benar sesuai dengan kebutuhan keterwakilannya. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *