Musyda PDM Muhammadiyah Kota Yogyakarta Soroti Isu Penting Pendidikan

  • Whatsapp
Ketua PDM Kota Yogyakarta, Akhid Widirahmanto
Ketua PDM Kota Yogyakarta, Akhid Widirahmanto saat diwawancarai awak media. (Foto: BacaJogja)

BacaJogja – Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Yogyakarta menggelar Musyawarah Daerah (Musyda) di Gedung SMA 1 Muhammadiyah (Muhi) Kota Yogyakarta, Sabtu, 13 Mei 2023 petang. Musyda bertema Membumikan Risalah Islam Untuk Jogja Berkemajuan ini membahas beberapa hal penting, salah satunya bidang pendidikan.

Ketua PDM Kota Yogyakarta, Akhid Widirahmanto mengatakan, isu pendidikan menjadi salah satu fokus pembahasan dalam rencana program lima tahun ke depan. Pendidikan menjadi topik pembahasan karena kebijakan pemerintah yang ada selama ini belum terealisasi dengan baik di akar rumput.

Read More

Baca Juga: Partai Golkar DIY Dukung Sikap Pro Aktif Muhammadiyah Songsong Pemilu 2024

Dia mengatakan, Muhammadiyah ingin berperan aktif dalam membangun pendidikan. “Banyak masalah di grassroot. Ini kita angkat agar Muhammadiyah bisa memberi kontribusi paling tidak di Kota Yogyakarta. Kita ingin bersama menghidupkan kembali hiroh Muhammadiyah dalam hal pendidikan,” katanya.

Akhid secara khusus memberikan perhatian bidang pendidikan, termasuk membahas persoalan sekolah yang dialami Muhammadiyah. Ia sempat meminta maaf apabila ada kepala sekolah yang sempat dicopot karena suatu hal, di sisi lain mengapresiasi sekolah Muhammadiyah yang berkembang.

Baca Juga: Imbauan Muhammadiyah saat Gerhana Matahari Hibrida Kamis 20 April 2023

Dia menegaskan, Muhammadiyah tidak boleh untuk main-main. Mungkin ada kepala sekolah yang dikeluarkan, namun hal itu semua murni untuk menjaga marwah Muhammadiyah.

“Selama tujuh tahun meski ada riak, tapi bisa kita atasi dan harapannya jadi pembelajaran untuk yang lain. Tapi juga banyak sekolah yang mampu berkembang dengan perjalanan dari bawah. SD Muhammadiyah Nitikan di Giwangan, SD Muhammadiyah Kraton juga demikian,” jelasnya.

Baca Juga: Viral Wali Kota Pekalongan Tolak Izin Lapangan Mataram untuk Salat Id pada Jumat 21 April 2023

Berkaitan dengan Musyda ini, sebenarnya sudah tujuh tahun kepengurusan, bertambah dua tahun karena adanya pandemi Covid-19. Ia berharap Musyda ini jadi momen yang menggembirakan karena mempertemukan seluruh kader Muhammadiyah sekaligus merumuskan hal-hal penting untuk persyarikatan.

Dia mengungkapkan, mMusyda diharapkan menjadi ajang silaturahmi seluruh elemen Muhammadiyah. “Selain menyoroti isu pendidikan, kami akan bahas laporan pertanggungjawaban di depan 370 peserta juga pemaparan program lima tahun ke depan, sekaligus pemilihan pimpinan 13 melalui mekanisme e-voting,” ungkapnya.

Baca Juga: Ini Tahapan Gerhana Matahari Hibrida Kamis 20 April 2023 di Yogyakarta

Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) DIY, M Ikhwan Ahada, memanfaatkan momen silaturahmi Musyda dengan mengingatkan kader di Kota Yogyakarta untuk mendukung calon DPD, Syauqi Soeratno. “Berbeda bendera partai adalah hal biasa namun dalam hal wakil di DPD, Muhammadiyah satu tarikan nafas memilih Syauqi,” ujarnya. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *