PKS Target Dapat 9 Kursi DPRD DIY pada Pemilu 2024

  • Whatsapp
pks DIY
Jumpa pers PKS DIY sebelum mendaftarkan 55 bacaleg untuk DPRD DIY ke KPU DIY, Kamis, 10 Mei 2023. (Foto: BacaJogja)

BacaJogja – PKS Daerah Istimewa Yogyakarta menargetkan bisa merai 15 persen suara pada Pemilu 2024 atau menempatkan sembilan kursi di DPRD DIY. Hasil Pemilu 2019 lalu, PKS meraih tujuh kursi di DPRD DIY.

Ketua DPW PKS DIY, M. Agus Mas’udi mengatakan, PKS DIY secara resmi mendaftarkan bakal calon (bacaleg) untuk DPRD DIY ke KPU DIY pada Rabu, 10 Mei 2023. PKS menjadi partai peserta Pemilu 2024 yang mendaftarkan bacalegnya. “Ini membuktikan keseriusan dan kesiapan PKS menghadapi Pemilu 2024,” “Jadi targetnya ada dua dapil yang diprediksi dapat dua kursi,” katanya di Sekretariat DPTW PKS Jalan Gambiran Kota Yogyakarta, Rabu, 10 Mei 2023.

Read More

Dia mengatakan, saat ini PKS meraih tujuh kursi yang didapatkan dari masing-masing daerah pemilihan (Dapil) satu kursi. Jumlah Dapil di DIY ada tujuh Dapil.

Baca Juga: Empat Nama Calon Wakil Presiden Pendamping Anies Baswedan di Pilpres 2024

Gus Ud, sapaan akrab Agus Mas’udi, mengatakan, mengatakan, dua Dapil yang ditargetkan dapat dua kursi yakni Dapil Kota Yogyakarta dan Gunungkidul. “Dua dapil gemuk targetnya dapat dua kursi. Lima dapil lainnya masing-masing satu kursi,” katanya.

Menurut dia, PKS DIY sendiri mendaftarkan 55 bacaleg. Dari jumlah itu, sebanyak 23 orang perempuan atau atau 41,8 persen. “PKS sudah melampaui ketentuan Undang-undang tentang persyaratan keterwakilan perempuan 30 persen, PKS mampu di atas 40 persen,” ungkapnya.

Baca Juga: Politik Silaturahmi ke Masyarakat Cara PKS Raih Target 15 Persen Pemilu 2024

Tidak kalah penting, PKS DIY juga mendaftarkan bacaleg muda yang tidak sedikit, yaitu 15 orang atau 27 persen. “Ini penting karena menunjukkan bahwa mesin partai kami, dalam hal ini pengkaderan politik berjalan dengan baik,” ujar Agus Mas’udi.

Gus Ud mengatakan PKS DIY berusaha menghadirkan yang terbaik dan mampu menjadi teladan kebaikan untuk masyarakat, termasuk dalam konteks pendaftaran bacaleg untuk pemilu 2024.

Baca Juga: Lantik Dewan Pakar, PKS DIY Target 15 Persen pada Pemilu 2024

“PKS DIY sangat serius menyeleksi dan menghadirkan para BCAD yang insya Allah adalah kader-kader terbaik PKS dan tokoh masyarakat yang siap untuk melayani rakyat dan tentunya semuanya sesuai persyaratan yang ditetapkan KPUD. Selain itu untuk memastikan kualitas BCAD yang diajukan hari ini, kami masih menerima masukan dari masyarakat sampai pada tahap perbaikan proses pendaftaran ini,” jelasnya.

Agus Mas’udi juga berharap agar Pemilu 2024 bisa berjalan dengan lancar dan sukses. “Seluruh Partai Politik sebagai peserta pemilu, KPU dan Bawaslu sebagai penyelenggara, pemilih sebagai pemilik suara, termasuk pemerintah dan aparat harus menjalankan hak dan kewajibannya masing-masing dengan penuh dedikasi,” ujarnya.

Baca Juga: PKS DIY Resmi Dukung Anies Baswedan sebagai Calon Presiden 2024

Dia menegaskan, PKS DIY siap mengawal suara rakyat dengan menjadi peserta pemilu yang bertanggung jawab. Siap ber-kontestasi secara fair. “PKS DIY ingin menghadirkan wakil-wakil rakyat yang bermartabat serta siap melayani masyarakat Daerah Istimewa Yogyakarta serta seluruh Negara Indonesia yang kita cintai bersama ini,” pungkasnya.

Sebelum melakukan pendaftaran bacaleg ke KPUD DIY, digelar acara Doa Bersama di Gedung Kantor DPTW PKS DIY. Acara yang diawali dengan Salat Zuhur berjamaah ini dihadiri oleh seluruh jajaran DPTW PKS DIY, Pengurus Harian DPW PKS DIY, serta para Kader yang saat ini sedang menjalankan amanah menjadi Anggota DPRD DIY dan puluhan bacaleg dari tujuh Dapil provinsi di DIY. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *