Profil Pj Wali Kota Yogyakarta Singgih Raharjo

  • Whatsapp
singgih raharjo
Pj Wali Kota Yogyakarta Singgih Raharjo. (Foto: Pemda DIY)

BacaJogja – Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X melantik penjabat wali kota Yogyakarta Singgih Raharjo sebagai Penjabat (Pj) Wali Kota Yogyakarta. Kepala Dinas Pariwisata DIY ini menggantikan Pj wali kota sebelumnya, Sumadi.

Pada saat yang sama, Sri Sultan juga melantik Ni Made Dwipanti Indrayanti sebagai Pj Bupati Kulon Progo. Kepala Dinas Perhubungan DIY ini menggantikan pj Bupati Kulon Progo sebelumnya, Tri Saktiyana.

Read More

Baca Juga: Sri Sultan Lantik Wiyos Santoso sebagai Pj Sekda DIY

Pelantikan keduanya digelar di Bangsal Kepatihan Yogyakarta, Senin, 22 Mei 2023. “Namanya pemerintahan tentu harus tetap jalan. Penekanan bagi keduanya, pertama bagaimana bisa merealisasikan APBD. Tapi yang lebih penting tentu pada masa Pemilu 2024, bagaimana mereka harus bisa menjaga kondisi tetap kondusif,” kata Sri Sultan HB X.

Sri Sultan mengatakan, kedua pejabat ini diminta mampu ikut menjaga kondisi DIY untuk tetap kondusif pada masa Pemilu 2024, khususnya di daerah masing-masing. “Di masa jelang pesta demokrasi 2024, Pj Bupati dan Wali Kota diharapkan dapat mengantisipasi fluktuasi dinamika yang terjadi baik di dunia nyata maupun jagad maya,” ungkapnya.

Baca Juga: Sri Sultan Resmi Lantik Pj Wali Kota Yogyakarta dan Bupati Kulon Progo

Pj Wali Kota Yogyakarta, Singgih Raharjo mengatakan, masa jabatan hingga Mei 2024 mendatang menjadi tantangan tersendiri, di tengah konstelasi politik yang harus menjadi perhatian. Menurutnya, Sri Sultan juga menyampaikan pesan agar dirinya mampu melakukan pendekatan pelayanan publik di semua sektor.

“Ngarsa Dalem tadi betul-betul menekankan untuk koordinasi, kolaborasi antar stakeholder, dalam rangka menciptakan pesta demokrasi yang aman, nyaman. Ngarsa Dalem juga berpesan bagaimana kami bisa mengawal pengentasan kemiskinan dan stunting yang juga menjadi perhatian di DIY,” ungkapnya.

Baca Juga: Sultan Lantik Beny Suharsono sebagai Sekda DIY, Bertekad Tekan Angka Kemiskinan

Berikut Profil Singgih Raharjo

Singgih Raharjo saat ini berpangkat/Golongan/Ruang Pembina Utama Madya/IV/d. Riwayat pendidikan di SD Negeri Playen III Gunungkidul, meneruskan SMP di SMP Negeri 9 Yogyakarta dan SMAN 6 Yogyakarta.

Singgih melanjutkan kuliah di Universitas Islam Indonesia Yogyakarta. Lalu melanjutkan S2 di Curtin Universitas Australia.

Baca Juga: Profil Sumadi, Penjabat Wali Kota Yogyakarta

Karirnya di pemerintahan dimulai di Dinas Pendidikan DIY. Awalnya sebagai Kepala Seksi Monitoring dan Evaluasi, Kepala Seksi Data dan Teknologi Informasi, kemudian menjabat sebagai Kepala Badan Teknologi dan Komunikasi Pendidik DIY.

Setelah sekian lama di Dinas Pendidikan, Singgih dipercaya menjabat sebagai Wakil Kepala Dinas Kebudayaan DIY. Kemudian mendapat amanat menjabat Kepala Dinas Pariwisata DIY. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *