Sri Sultan Resmi Lantik Pj Wali Kota Yogyakarta dan Bupati Kulon Progo

  • Whatsapp
pelantikan pj
Sri Sultan HB X saat melantikan Pj Wali Kota Yogyakarta dan Pj Bupati Kulon Progo. (Foto: Dok. Pemda DIY)

BacaJogja – Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X resmi melantik Sumadi sebagai Penjabat (Pj) Wali Kota Yogyakarta dan Tri Saktiyana sebagai Penjabat (Pj) Bupati Kulon Progo di Bangsal Kepatihan, Yogyakarta, Minggu, 22 Mei 2022. Kedua pejabat akan menjabat selama maksimal satu tahun periode jabatan.

Pelantikan dilakukan karena masa jabatan Walikota dan Wakil Wali Kota Yogyakarta periode 2017-2022, Haryadi Suyuti dan Heroe Poerwadi serta Bupati dan Wakil Bupati Kulon Progo sisa masa jabatan 2017-2022, Sutedjo dan Fajar Gegana sudah berakhir.

Read More

Baca Juga: Sri Sultan Minta Warga Sekitar TPST Piyungan Bantul Bersabar

Sri Sultan mengatakan, pengangkatan Pj. Wali Kota Yogyakarta dan Bupati Kulon Progo dilaksanakan untuk mengantisipasi kevakuman kepemimpinan. Sehingga dengan demikian, proses pengambilan keputusan penting tidak tertunda, dan dapat terlaksana sesuai kewenangan yang ada pada Penjabat Walikota dan Penjabat Bupati.

Raja Keraton Yogyakarta ini mengatakan, kedua penjabat terpilih cukup mengenal peta sosio-kultual kemasyarakatan Daerah Istimewa Yogyakarta, khususnya Kota Yogyakarta dan Kulon Progo. “Harapannya, manajemen pemerintahan yang dijalankannya berbasis pada kepentingan masyakarat yang ditunjang koordinasi dan komunikasi dengan Pemerintah Pusat, Pemda DIY, dan seluruh jajaran di tempat tugas barunya,” kata Sri Sultan.

Baca Juga: Sri Sultan: Pariwisata Punya Kewajiban Hapus Kemiskinan dan Kelaparan

Ngarsa Dalem mengungkapkan, dengan kondisi ini, Penjabat Walikota Yogyakarta dan Penjabat Bupati Kulon Progo yang didukung semua perangkat daerahnya, dapat segera “cancut taliwanda” untuk menyukseskan agenda-agenda daerah yang sangat penting dalam waktu dekat sekaligus terlibat aktif dalam agenda pilot project tersebut.

“Kami juga sampaikan terima kasih kepada Menteri Dalam Negeri yang secara cepat merespon dan menerbitkan SK sehingga keberlanjutan kepemimpinan di pemerintah daerah DIY dapat tetap berkesinambungan,” kata Ngarsa Dalem.

Baca Juga: Sri Sultan Rencana Bangun Sekolah Khusus Pelaku Kejahatan Jalanan di Bantul

Sri Sultan menyampaikan kepada kedua penjabat baru selamat bekerja dan mengabdi. Tak lupa, Ngarsa Dalem juga menyampaikan terima kasih terima kasih kepada Wali Kota dan Wakil Wali Kota Yogyakarta 2017-2022 Haryadi Suyuti dan Heroe Poerwadi serta Bupati dan Wakil Bupati Progo 2017-2022 Sutedjo dan Fajar Gegana atas pengabdian dan jasa-jasanya selama memangku jabatan. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *