Ratusan Anak Pawai Kreativitas dan Gebyar PAUD Kapanewon Pundong Bantul

  • Whatsapp
Keberangkatan Pawai
Ratusan Anak Pawai Kreativitas dan Gebyar PAUD Kapanewon Pundong Bantul (Foto: Markaban Anwar)

BacaJogja – Ratusan anak didik tingkat Taman Kanak-kanak (TK) dan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) se-Kapanewon Pundong mengikuti Pawai Kreativitas dan Gebyar PAUD yang digelar Pemerintah Kapanewon Pundong pada Selasa, 20 Juni 2023.

Pawai di halaman Kantor Balai Rehabilitasi Terpadu PenyandangDisabilitas (BRTPD) Yogyakarta, Dusun Piring, Srihardono, Pundong. Rute pawai dari Kantor BRTPD menuju Utara hingga simpang empat Pasar Pundong, lalu belok kiri melewati depan Kantor Polsek Pundong hingga simpang tiga kemudian belok kiri menuju dan finish di halaman Kantor Kapanewon Pundong.

Read More

Baca Juga: Wisuda Angkatan Pertama PAUD – KB Lintang Jagat Bantul

Di sepanjang rute, peserta pawai menampilkan kreativitas pakaian adat budaya nusantara seragam profesi, serta pernak-pernik aneka hiasan di baju dan kepala peserta.

Dalam acara ini, anak-anak juga tampil di panggung. Ada yang menyanyi, menari, musik angklung, drumband, juga dimeriahkan dongeng anak oleh Kak Andi Pemikat Hati.

Baca Juga: Dongeng Boneka Tangan, Media Pendidikan Seks untuk Anak Usia Dini

Panewu Pundong Bangun Rahino menyampaikan bahwa peserta pawai kreativitas diikuti 10 KB – PAUD dan 22 TK/RA se-Kapanewon Pundong. Kegiatan ini diselenggarakan sebagai ajang kreativitas, ruang bermain dan persahabatan bagi anak-anak, sekaligus upaya mendukung pemerintah menuju Kabupaten Bantul Layak Anak 2024.

“Ada 800-an anak didik yang mengikuti pawai. Ditambah para orangtua dan guru yang mendampingi, ada ribuan orang jadinya,” tuturnya.

Baca Juga: Tips Hemat Duit Berwisata di Malioboro, Taman Pintar hingga Keraton Yogyakarta

Pada kesempatan tersebut, Ibu PAUD Kabupaten Bantul, Emi Masruroh Halim turut hadir memberikan apresiasi dan kagum melihat semangat seluruh peserta pawai budaya. Kegiatan seperti ini dapat mengenalkan anak- anak pada nilai-nilai persahabatan, persatuan, kesatuan, dan budaya Indonesia.

“Luar biasa sekali tadi saya lihat anak-anak TK dan KB PAUD. Berpakaian penuh kreatif, bernyanyi dan menari. Luar biasa semangatnya. Dengan pawai kreativitas ini kita mengenalkan dan menanamkan pada mereka budaya Indonesia dan bhinneka tunggal ika,” katanya.

Baca Juga: Pelatihan Penguatan Karakter dengan Media Wayang dan Gamelan di Bantul

Menjelang akhir acara, diumumkan para pemenang pemenang pawai. Juara 1 Pawai Kreativitas dan Gebyar PAUD untuk kategori KB/PAUD diraih PAUD Lintang Jagat Nglembu. Sedangkan untuk kategori TK dimenangkan TK Pertiwi 19 Jamprit.

Kepala TK Pertiwi 19 Jamprit Indri Nurmala Dewi SPd, saat dihubungi mengutarakan rasa senang atas apresiasi dan penghargaan yang diberikan. “Para orangtua dan guru TK tentunya senang sekali. Jauh-jauh hari kami mempersiapkan aksesoris hiasan pakaian anak-anak. Pernak-pernik baju digarap bersama di sekolah. Alhamdulillah… kami juara. Senang rasanya,” kata Indri Dewi. (Kontributor: Markaban Anwar)

Related posts