SMKN 3 Yogyakarta Melantik 617 Taruna Angkatan I

  • Whatsapp
SMKN 3 Yogyakarta
SMKN 3 satu-satunya SMKN di Yogyakarta yang menerapkan pelatihan kesamaptaan. Sebanyak 617 taruna angkatan I sudah dilantik. (Foto: Istimewa)

BacaJogja – Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 3 satu-satunya SMKN di Yogyakarta yang menerapkan pelatihan kesamaptaan. SMKN 3 Yogyakarta telah menerapkan pendidikan berbasis ketarunaan selama satu tahun ini dimulai dari tahun pelajaran 2022 hingga 2023, bekerja sama dengan Kodim 0734 Kota Yogyakarta. Sebanyak 617 taruna angkatan I sudah dilantik.

Tujuan penerapan pendidikan kesamaptaan bagi para taruna kelas X ini adalah untuk memenuhi standar dunia usaha/industri di antaranya pembinaan agama sesuai yang dianut calon taruna, pembinaan fisik dengan kesemaptaan, pembinaan mental, kedisiplinan serta tanggung jawab, pendewasaan siswa dalam berpikir, sopan santun dalam bersikap dan bertindak serta menciptakan rasa cinta tanah air dan jiwa patriotis.

Read More

Komandan Batalyon SMK Negeri 3 Yogyakarta, Maryono S Pd MT mengatakan, program ketarunaan didesain khusus dengan waktu latihan sekali dalam satu minggu selama satu tahun selama duduk di kelas X. “Program ini menitikberatkan pada pembinaan ketahanan mental, ketahanan fisik, disiplin kerja, perilaku atau sifat positif siswa,” kata saat pelantikan para taruna di lapangan SMKN 3 Yogyakarta, Rabu, 21 Juni 2023.

Baca Juga: Dongeng Boneka Tangan, Media Pendidikan Seks untuk Anak Usia Dini

Momentum pelantikan itu menjadi tonggak sejarah bagi sekolah tersebut dengan penanda surya sengkala: Sumunaring lar Umbul ngabekti, yang bermakna Taruna/taruni mempunyai kompetensi yang bersinar, berkembang yang selalu mengangkat derajat dan berbakti. Ini sejalan dengan semboyan Ketarunaan SMKN 3 Yogyakarta yaitu Wira Paramarta Swakarya Buminta yang bermakna Taruna taruni diharapkan selalu santun dalam berkarya untuk bangsa dan negara.

Rangkaian acara pelantikan ditandai penyematan tanda kepada komandan upacara Catar Mohammad Nendra Narundana kelas X Broadcasting dan Perfilman, dilanjutkan pemberian penganugerahan taruna terbaik akademik atas nama Zaki Rizqullah Ambar, taruna terbaik non-akademik atas nama Catar Mohammad Nendra Narundana.

Berikutnya, penerima penganugerahan taruna terbaik kesamaptaan putra atas nama Catar Akram Subekti kelas X TM 1 dan penerima penganugerahan taruna terbaik kesamaptaan putri atas nama Catar Silvana Vina Avrilia kelas X TJ.

Baca Juga: Bahagianya Maryono, Mitra Driver yang Anaknya Dapat Beasiswa Pendidikan Gojek Swadaya

Maryono menyampaikan Program Ketarunaan SMKN 3 Yogyakarta merupakan penguatan budaya kerja siswa untuk menghasilkan lulusan yang mampu bersaing dan berhasil dalam pekerjaannya. Pelaksanaan pembiasaan siswa ketarunaan ini bertujuan Penanggung jawab program tersebut adalah kepala sekolah dengan Pembina Komandan Kodim 0734 Yogyakarta. Selain itu, juga ada personel Komandan Operasional maupun Komandan Kompi dari masing-masing jurusan.

Saat Gladi Ketarunaan 18-20 Juli 2022 calon taruna/taruni sebanyak 708 siswa. Selama proses latihan ada beberapa calon taruna mengundurkan diri. Dari sebanyak 664 siswa calon taruna/taruni, yang tidak memenuhi syarat menjadi taruna sebanyak 20 siswa. Tidak memenuhi syarat untuk dilantik sebanyak 34 siswa, namun tetap menjadi taruna dengan konsekuensi mengikuti Gladi ketarunaan pada 17 – 21 Juli 2023.

Sebelumnya, digelar displai beberapa ekstrakurikuler dari calon taruna angkatan pertama SMKN 3 Yogyakarta yaitu kepramukaan, perwakilan dari ekstrakurikuler Tonti Bara serta ekstrakurikuler Paduan Suara SMK Negeri 3 Yogyakarta Skagata Voice, dilanjutkan solo vocal dari Catar Fatimah Rengganis Nadiarachma kelas X Broadcasting dan Perfilman dengan pengiring musik Catar Hansel Raditya Setiawan kelas X Broadcasting dan Perfilman.

Baca Juga: Musyda PDM Muhammadiyah Kota Yogyakarta Soroti Isu Penting Pendidikan

Penampilan Tonti Bara menarik perhatian para orang tua yang sengaja diundang hadir sekaligus melantik masing-masing putra atau putrinya. Ekstrakurikuler ini merupakan salah satu pilihan bagi calon taruna. Di bawah bimbingan pelatih Jagyang Saputro, Andriyanto dan Devita Maheswari, ekstrakurikuler ini kembali berprestasi setelah vakum karena pandemi.

Dimulai tahun 2022 sampai 2023 Tonti Bara berhasil menyabet kejuaraan pada Lomba Baris-Berbaris Purna Paskibraka Indonesia – Disdikpora Kota Yogyakarta tahun 2022, yaitu meraih Juara 1 Pleton Putri, Juara 3 Pleton Putra, Juara Komandan Terbaik Putra atas nama Catar Mohammad Nendra Narundana dan akhirnya berhasil meraih Juara Umum dua tahun berturut-turut.

Pada LKBB Veteran tingkat Daerah Istimewa Yogyakarta Tonti Bara meraih Juara 2 dan 3 Pleton Putra, Juara Harapan 2 Pleton Putri, Juara 3 Variasi Formasi, Juara 2 Komandan putra atas nama Catar Mohammad Nendra Narundana. Tahun 2023 ini, Tonti Bara SMKN 3 Yogyakarta mencetak rekor dengan lolosnya enam perwakilan menjadi Paskibraka yang akan bertugas mengibarkan bendera pusaka 17 Agustus 2023.

Baca Juga: DPRD DIY Dukung Aspirasi Mahasiswa tentang Pendidikan Gratis

Mereka adalah Akbar Risky Faturrahman Suseno lolos tingkat Provinsi DIY, Nayaka Yogi Saputra lolos di tingkat Kota Yogyakarta, Maulana Afatar lolos tingkat Kota Yogyakarta, Najla Ardelia Sofana Hapsari Gusti lolos tingkat Kota Yogyakarta, Ilham Mahendra Latif lolos tingkat Kota Yogyakarta serta Keishano Falah Gunindo lolos di tingkat Kota Yogyakarta.

Pelantikan dipimpin langsung Kepala SMKN 3 Yogyakarta, Drs Bujang Safri, dengan dihadiri pejabat dari Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY, Balai Pendidikan, wakil dari Kodim 0734 Yogyakarta, para orang tua calon taruna maupun tamu undangan dari berbagai instansi. “Anda semua menjadi orang-orang pilihan, Taruna Angkatan Pertama ini menjadi kebanggaan SMK Negeri 3 Yogyakarta,” ungkap B Safri. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *