Tips Hemat Duit Berwisata di Malioboro, Taman Pintar hingga Keraton Yogyakarta

  • Whatsapp
wisata keraton jogja
Wisata Keraton Yogyakarta. (Foto: Facebook @iman-iman/PWOY)

BacaJogja – Yogyakarta menyandang sebagai Kota Wisata. Destinasi wisata di Kota Gudeg ini lengkap, mulai dari wisata alam, edukasi, sejarah, budaya, kuliner, minat bakat dan lainnya. Pun tarifnya tidak terlalu dalam menguras dompet.

Di Kota Yogyakarta, wisatawan cukup dengan uang Rp100.000 bisa menikmati destinasi wisata. Asyik berkeliling seharian. Seorang traveller @iman-iman membagikan pengalamannya di grup Facebook Pecinta Objek Wisata Yogyakarta (PWOY). Dia menceritakan keliling Kota Jogja seharian totalnya tidak sampai habis seratus ribu.

Read More

Baca Juga: Napak Tilas Mataram di Kotagede Intro Living Museum Yogyakarta

Berikut tips keliling Yogyakarta dengan pergi ke beberapa tempat berikut ini:

1 Kulineran di Malioboro dan Pasar Beringharjo.
Malioboro adalah ikon Kota Jogja. Untuk sarapan, kamu bisa memilih gudeg di kawasan Malioboro. Harganya sekitar Rp10.000, kalau kamu membawa kendaraan sendiri harus membayar parkir sekitar Rp3.000. Kalau ingin makanan lain, bisa mencoba sate kere di dalam Pasar Beringharjo. Satu tusuknya sekitar Rp2.000. Untuk sarapan ini kamu cukup menghabiskan paling banyak Rp15.000.

taman pintar
Wisata Taman Pintar Yogyakarta (Foto: Facebook @iman-iman/PWOY)

2.Museum Benteng Vredeburg
Di Jalan Malioboro ada bangunan bersejarah yang telah ada sejak zaman penjajahan Belanda. Saat ini difungsikan sebagai museum yang menyimpan diorama-diorama perjuangan rakyat Yogyakarta. Namanya adalah museum Benteng Vredeburg. Biaya masuk ke wisata sejarah ini hanya Rp3.000, murah kan?

Baca Juga: Moerni 78 Yogyakarta, Tempat Kuliner Jadul dan Menu Andalan

3. Mampir ke Taman Pintar
Taman Pintar adalah destinasi yang berada di pusat kota, tak begitu jauh dari Malioboro. Di dalamnya terdapat banyak sekali wahana seru. Mulai dari Gedung Oval, Gedung Kotak, Gedung Planetarium, Gedung Paud dan Kampung Kerajinan. Bahkan ada juga kolam renangnya. Untuk masuk ke sini kamu harus membayar sekitar Rp18.000.

4. Jalan-jalan ke Museum Sonobudoyo
Tak jauh dari Benteng Vredeburg, juga ada Museum Sonobudoyo. Tempat dengan arsitektur bergaya Jawa ini menyimpan berbagai peninggalan yang berkaitan dengan sejarah Jawa. Biaya masuk ke museum yang dianggap paling lengkap setelah Museum Nasional Republik Indonesia di Jakarta itu adalah sekitar Rp3.000.

benteng vredeburg
Wisata Benteng Vredeburg Yogyakarta (Foto: Facebook @iman-iman/PWOY)

Baca Juga: Malioboro dan Empat Tempat Instagramable di Kota Yogyakarta

5. Alun-alun dan Keraton Yogyakarta
Kalau sudah ke Museum Sonobudoyo, sebaiknya melanjutkan saja sampai ke Alun-alun Lor dan masuk Keraton Yogyakata. Biaya masuk ke kawasan tempat tinggal keluraga raja sekitar RP7.000. Jika kamu menggunakan kamera, maka ada tambahan biaya kurang lebih Rp1.000. Jika kamu lelah berjalan kaki, bisa kok menggunakan transportasi umum seperti becak. Namun, kamu harus pintar-pintar menawar.

Itulah beberapa tempat yang bisa kamu nikmati hanya dengan uang sekitar Rp100.000. Jika kamu total tiket masuk ke beberapa tempat wisata di atas tidak sampai Rp50.000. Untuk sisanya bisa kamu gunakan sebagai biaya makan siang dan transportasi. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *