Ribuan Peserta Ikuti Bank Jateng Friendship Run di Yogyakarta

  • Whatsapp
Bank Jateng Friendship Run di Yogyakarta
Sekitar 1.000 peserta mengikuti Bank Jateng Friendship Run Yogyakarta dengan mengambil titik start dan finish di Benteng Vredeburg, Minggu, 9 Juli 2023. (Foto: Istimewa)

BacaJogja – Sekitar 1.000 peserta mengikuti Bank Jateng Friendship Run Yogyakarta. Bank Jateng Friendship Run Yogyakarta mengambil titik start dan finish di Benteng Vredeburg, Minggu, 9 Juli 2023.

Tahun ini, “Voice of Unity” digaungkan sebagai tema umum untuk menyuarakan semangat persatuan, suara positif untuk saling menginspirasi dan membangun persatuan melalui kegiatan lari sembari memompa aktivitas ekonomi para pelaku UMKM dan menyapa keunikan budaya masyarakat setempat.

Read More

Yogyakarta menjadi kota keempat dilaksanakannya Bank Jateng Friendship Run setelah Jakarta, Bandung, dan Semarang. Tidak hanya berhenti di Yogyakarta semangat menyambut Borobudur Marathon Powered by Bank Jateng akan mengalir ke 6 kota besar lain di Indonesia.

Baca Juga: Rekomendasi Olahraga Asyik di Embung Gunungan Wayang Imogiri Bantul

Dalam gelaran di Yogyakarta ini, hanya dengan berkontribusi Rp100 ribu, peserta mendapatkan jersey yang di desain khusus oleh seniman local asal Magelang yang bisa dikoleksi, karena setiap kota Bank Jateng Friendship Run di desain khusus oleh utami.

Selain itu pelari juga mendapatkan totebag, nomor bib, handuk, dan kupon Bank Jateng Pawone. Serupa dengan penyelenggaraan sebelumnya, selain berlari rangkaian Bank Jateng Friendship Run Yogyakarta juga menampilkan budaya dan kuliner lokal guna memberikan pengalaman yang lebih menyenangkan dalam olahraga lari.

Hal ini sejalan dengan semangat Borobudur Marathon yang turut mendongkrak kegiatan bisnis para pelaku UMKM. Acara dibuka dengan tarian lokal Mangastuti dari Sanggar Tari Kemuning dan marching band Citra Derap Bahana dari Universitas Negeri Yogyakarta.

Baca Juga: Ragam Manfaat Olahraga bagi Orang Lanjut Usia

Pada area Race Village, peserta bisa mencoba pengalaman dalam instalasi interaktif oleh Utami, dengan menempelkan stiker pada papan sesuai nomor yang sudah tertera. Setelah semua stiker ditempel, sebuah gambar akan terbentuk. Instalasi interaktif ini diadakan di setiap kota dengan gambar yang berbeda. Nantinya, saat race day akan digabungkan dan menjadi satu kesatuan gambar dari 10 kota.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat peluncuran Borobudur Marathon 2023 Powered by Bank Jateng menyatakan, sejak awal acara ini dirancang untuk membangkitkan semangat wisata olahraga atau sport tourism. “Sekarang, saatnya kita bersatu untuk juga mengulurkan tangan ke kanan-kiri, bersama-sama saling berlari dan terus menginspirasi untuk menang,” katanya.

“Oleh karena itu, ‘Voice of Unity’ menggambarkan bagaimana pelari, stakeholder, dan masyarakat bersatu untuk menyuarakan semangat kemenangan, dan saling menginspirasi dengan suara-suara positif dalam satu kesatuan di Borobudur Marathon,” ujar Ganjar.

Baca Juga: Mandiri Jogja Marathon 2023 Mampu Dorong Sport Tourism di Sleman

Direktur Utama Bank Jateng Supriyatno mengatakan, dalam rangkaian pre-event ini, Borobudur Marathon membawa Bank Jateng Pawone ke 10 kota melalui Bank Jateng Friendship Run dengan tujuan untuk menginspirasikan dan mempromosikan Magelang. Bank Jateng dengan 10 ribu pelari membawa dampak perekonomian lebih besar pascapandemi.

“Program Bank Jateng Pawone akan mengajak pelaku UMKM untuk mengoptimalisasikan produk serta mengedukasi pelaku UMKM untuk melakukan literasi keuangan sehingga pengembangan potensi ekonomi dapat terjadi dan berjalan secara optimal,” katanya.

Selain Jakarta, Bank Jateng Friendship Run juga akan menyapa Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar, Makassar, Banjarmasin, Medan, dan Palembang. Di samping itu, The Tour juga kembali hadir bersama sejumlah komunitas di 10 kota bersamaan dengan dilaksanakannya Bank Jateng Friendship Run. The Tour sendiri dilaksanakan satu hari sebelum Bank Jateng Friendship Run digelar.

Baca Juga: 8.000 Pelari dari Berbagai Negara Ikuti Mandiri Jogja Marathon 2023

Di Jakarta, acara ini diselenggarakan pada Sabtu, 20 Mei. Dengan merangkul komunitas-komunitas lari, The Tour bertujuan untuk menghidupkan ekosistem lari di Indonesia. The Tour diselenggarakan secara mandiri oleh perwakilan komunitas di masing-masing kota. Kegiatan The Tour sekaligus mengajak komunitas lari untuk mempersiapkan diri dalam menyambut Borobudur Marathon 2023 Powered by Bank Jateng.

Wakil Pemimpin Umum Harian Kompas Budiman Tanuredjo menjelaskan, pada 2023, Borobudur Marathon 2023 Powered by Bank Jateng akan dilaksanakan satu hari dengan beberapa kategori, yaitu marathon, half marathon, dan 10K kepada pihak umum nasional dan internasional.

Lalu, rangkaian program Borobudur Marathon 2023 Powered by Bank Jateng akan terdiri atas Bank Jateng Friendship Run 10 Kota, The Tour, Bank Jateng Pawone, dan Race Day.

Selain Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Bank Jateng Friendship Run Jakarta juga dihadiri Ketua Yayasan Borobudur Marathon Liem Chi An, Direktur Utama Bank Jateng Supriyatno, CEO Kompas Gramedia Lilik Oetama, CEO KG Media Andi Budiman, Wakil Pemimpin Umum Harian Kompas Budiman Tanuredjo, Pemimpin Redaksi Harian Kompas Sutta Dharmasaputra, dan Direktur Bisnis Harian Kompas Lukminto Wibowo. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *