Dukung Estetika Wajah UGM Yogyakarta, PLN Icon Plus Revitalisasi Kabel Fiber Optik

  • Whatsapp
PLN Icon Plus di UGM
General Manager Regional SBU Jawa bagian Tengah PLN Icon Plus Wahyu Setyabudi meninjau proses pengerjaan konstruksi kabel fiber Optic bawah tanah kawasan UGM, Kamis, 24 Agustus 2023. (Foto: Istimewa)

BacaJogja – UGM Yogyakarta mulai September 2023 akan melakukan penataan wajah kampus, salah satunya mengganti instalasi lisrik dan jaringan internet dari kabel udara menjadi kabel tanah.

PLN Icon Plus merespons positif langkah UGM ini. Sebagai bentuk dukungan, PLN Icon Plus melaksanakan revitalisasi kabel fiber optic sepanjang 1,6 kilometer di kawasan Universitas Gajah Mada (UGM), dari Mirota Kampus hingga Selokan Mataram.

Read More

Apa yang dilakukan PLN Icon Plus ini senada dengan PT PLN Persero selaku holding dari PLN Icon Plus yang melakukan revitalisasi kabel listrik di kawasan tersebut.

Baca Juga: Sultan HB X: Pemda DIY Bangun Jaringan Online Pemasangan Kabel 600 Km

General Manager Regional SBU Jawa bagian Tengah PLN Icon Plus Wahyu Setyabudi mengatakan, pekerjaan ini merupakan revitalisasi yang pertama kali dilakukan sepanjang sejarah sejak kampus UGM berdiri.

“Project ini juga menjadi project konstruksi kabel fiber optic bawah tanah yang pertama di Kabupaten Sleman,” katanya di sela peninjauan proses pengerjaan konstruksi kabel fiber Optic bawah tanah kawasan UGM, Kamis, 24 Agustus 2023.

Dia menjelaskan, revitalisasi kabel fiber optic di wilayah UGM ini berupa perubahan dari kabel udara menjadi konstruksi kabel bawah tanah. Revitalisasi ini merupakan bentuk dukungan PLN Icon Plus dalam penataan di wilayah kampus UGM dan juga merupakan upaya PLN Icon Plus dalam meningkatkan kehandalan layanan jaringan di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Baca Juga: Data Kerusakan Dampak Hujan dan Angin Kencang di Kota Yogyakarta dan Bantul

Dengan penananman kabel fiber optic di bawah tanah dapat meminimalisir terjadinya putus kabel dan dapat mencegah terjadinya kecelakaan yang disebabkan oleh kabel fiber optic yang menjuntai ke jalan raya. Hal ini, juga telah dilakukan PLN Icon Plus dalam penataan kabel fiber optic dibeberapa ruas jalan Kota Yogyakarta.

Dia mengatakan, peninjauan ini dimaksudkan untuk memastikan pengerjaan pemindahan kabel fiber optic selesai tepat waktu dan tidak mengganggu kehandalan layanan jaringan PLN Icon Plus di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). “Pengerjaan membutuhkan waktu dua bulan, melibatkan lima tim yang berkolaborasi dengan mitra,” ungkapnya.

Baca Juga: Robot Rosemery UNY Pakai Batik Khas Dayak Luwes Menari Kancet Ledo

Koordinator Bidang Instalasi Listrik, Air dan Lingkungan Hidup UGM Yogyakarta Ratmianto mengatakan, dalam rangka penataan wajah Kampus UGM, pada September 2023 mulai menata baik instalasi listrik, menengah maupun FO.

“Tentu kami mengapresiasi PLN Icon Plus, sebelum kita tata, dari pihak PLN Icon Plus sudah menata sendiri kabel di kawasan UGM,” katanya.

Dia mengatakan, penataan ini merupakan semangat UGM lebih estitik. “Dalam penataan, semua utilitas dibawahtanahkan, baik instalasi listrik, jaringan tegangan menengah juga FO kita salurkan ke bawah tanah. Jadi tidak jaringan udara,” jelasnya. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *