Balada Cinta dan Asa; True Story Asmara, Pergerakan hingga Politik Cak Imin

  • Whatsapp
Balada Cinta dan Asa Cak Imin
Kiai Aguk Irawan saat menjadi pembicara dalam bedah buku berjudul Balada Cinta dan Asa tentang Cak Imin. (Foto: Istimewa)

BacaJogja – Ketua Umum PKB yang juga cawapres Koalisi Perubahan Abdul Muhaimin Iskandar, lahir di Jombang, Jawa Timur pada 24 September 1966. Pria yang sering disapa Cak Min atau Gus Imin ini menuntut ilmu di pendidikan formal di Yogyakarta sejak remaja.

Cicit salah satu pendiri Nahdlatul Ulama Bisri Syansuri ini mengenyam pendidikan di MAN 1 Yogakarta. Setelah lulus, suami Rustini Murtadho ini melanjutkan kuliah di Fisipol UGM Yogyakarta.

Read More

Baca Juga: Agenda Cawapres Muhaimin Iskandar di Purworejo dan Yogyakarta Hari Ini

Gus Imin seoarang aktivis pergerakan mahasiswa. Dia bergabung dalam Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) dan menjadi ketua cabang Yogyakarta di organisasi mahasiswa ini.

Sepengggal kisah hidupnya di Yogyakarta hingga menjadi politisi terangkum dalam sebuh buku tentang Cak Imin. Novel berjudul Balada Cinta dan Asa karya Kiai Aguk Irawan MN.

Baca Juga: Muhaimin Iskandar Uber Alles

Novel tentang Cak Imin ini diulas dalam acara doa kebangsaan dan bedah buku yang digelar di Sekretariat AB Ningrat atau Rumah Perubahan di Jalan Tohpati Gang Sidoluhur, Umbulharjo, Kota Yogyakarta pada Kamis, 19 Oktober 2023. Acara ini digelar bertepatan dengan pendaftaran pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) ke KPU RI.

Si penulis novel, Kiai Aguk Irawan mengatakan, buku tebal ini berkisah tentang perjalanan hidup Muhaimin Iskandar atau Cak Imin. “True story Gus Muhaimin,” ujarnya.

Aguk Irawan mengungkapkan, buku yang ditulisnya ini berkisah tentang masa muda Cak Imin. Cerita kehidupan Cak Imin mulai menjadi siswa MAN 1 Yogyakarta, kuliah di UGM hingga menjadi seorang politisi. “Juga berkisah tentang perjalanan asmara Cak Imin dengan Rustini Murtadho, perempuan yang kini menjadi isterinya,” ungkapnya.

Baca Juga: Muhaimin: Mulai Oktober Seluruh Nahdliyin Jawa Tengah Kompak Dukung AMIN

Buku yang diproduksi dengan support anggaran dari DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini juga membeberkan secara detil masa lalu hubungan Cak Imin dengan PKB. Termasuk relasi Cak Imin dengan para kiai di jajaran pengurus Nahdatul Ulama (NU). Bahkan, buku ini juga mengungkapkan kisah Cak Imin di tengah pergolakan PKB.

Teman dekat Cak Imin ini mengatakan, selain memproduksi buku, rencananya juga akan dibuat film tentang Cak Imin. Salah satu lokasi yang akan digunakan sebagai pengambilan gambar adalah kampus UGM.

Baca Juga: Ini Langkah PKB DIY untuk Pemenangan Pasangan Anies-Muhaimin

Sementara itu, Ketua AB Ningrat Sigit Sugito mengatakan, acara doa kebangsaan dan bedah buku Cak Imi ini digelar bersamaan pendaftaran pasangan AMIN di KPU sebagai capres dan cawapres Koalisi Perubahan.

Acara berlangsung sukses. Dihadiri puluhan orang dari berbagai kalangan. Ada seniman, budayawan, ilmuwan, tokoh masyarakat, mantan pegawai negeri hingga purnawirawan TNI/Polisi. Mantan dosen UGM, Drs Mashuri Maschab juga hadir pada acara ini. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *