Festival Pelatihan Vokasi dan Job Fair Nasional 2023

  • Whatsapp
Job Fair Nasional 2023
Kemenaker menggelar Festival Pelatihan Vokasi dan job Fair Nasional 2023. (Foto: Istimewa)

BacaJogja – Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) menggelar Festival Pelatihan Vokasi dan job Fair Nasional 2023. Aplikasi pencari kerja Swadaya27.com mengapresiasi dan hadir pada acara tersebut secara virtual selama pelaksanaan tanggal 27-29 Oktober 2023.

Festival Pelatihan Vokasi dan Job Fair Nasional 2023 diselenggarakan di Hall A, Jakarta International Expo (JIEXPO), Gedung Pusat Niaga Arena JIEXPO Kemayoran, Jl. H. Benyamin Sueb No. 12, Pademangan, Jakarta Utara. Selama tiga hari acara tersebut, kegiatan job fair telah berhasil menyerap 29,748 pelamar kerja.

Read More

Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin dalam sambutannya saat menghadiri acara Festival Pelatihan Vokasi dan Job Fair Nasional 2023 mengatakan, dibutuhkan adanya optimalisasi terhadap kebijakan pelatihan vokasi, seperti akses pelatihan keterampilan, infrastruktur dan penguatan sinergi pelatihan vokasi dan industri.

Baca Juga: Lowongan Kerja untuk 6 orang di SBM Bantul

Secara khusus, Wapres meminta agar kebijakan untuk mendorong pencarian kerja dengan cepat dapat diprioritaskan, serta pentingnya penguatan dan transformasi bagi keterampilan tenaga kerja.

“Akselerasi revitalisasi perlu terus disinergikan, sehingga tidak hanya fokus pada peningkatan akses dan mutu. Percepatan revitalisasi juga harus membenahi penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan vokasi, sehingga terus relevan dengan kebutuhan pasar kerja,” ungkap Wapres Ma’ruf Amin.

Baca Juga: Lowongan Kerja KAI Service PT Reska Multi Usaha, Penempatan Semarang

Founder aplikasi Swadaya27.com, Dani Satria mengatakan, acara sebesar ini tentunya sangat perlu diapresiasi karena berhasil mengundang antusiasme yang luar biasa dari para pencari kerja dan masyarakat secara umum. Selain itu, acara ini memiliki banyak manfaat mulai dari banyaknya jumlah lowongan kerja dan beragam pameran pelatihan.

“Kelebihan lain dari acara ini adalah adanya sertifikasi kompetensi gratis dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi,” katanya melalui siaran persnya di Kendal, Jawa Tengah, Rabu, 1 November 2023.

Baca Juga: Lowongan Kerja Bank BTPN Syariah, Penempatan Gunungkidul

Dani menambahkan, siapapun bisa mengakses jalannya Festival Pelatihan Vokasi dan Job Fair Nasional 2023 melalui virtual. Masyarakat hanya perlu mendaftarkan diri di website fpv.kemnaker.go.id untuk dapat mengakses beragam fasilitas yang telah disediakan. Masyarakat juga dapat melamar pekerjaan secara online dan mengikuti pelatihan-pelatihan vokasional yang ada.

“Harapannya, acara sebesar Festival Pelatihan Vokasi dan Job Fair Nasional ini dapat diadakan tidak hanya di Jakarta. Mungkin dapat dipertimbangkan agar acara ini dapat diadakan di tiga lokasi yang mewakili Indonesia bagian barat, tengah dan timur, sehingga program ini dapat dinikmati oleh masyarakat di semua wilayah,” jelasnya. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *