Tujuh Program Unggulan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar untuk Yogyakarta

  • Whatsapp
desak anies baswedan
nies Baswedan pada acara Desak Anies membeberkan tujuh program unggulan untuk Yogyakarta. (Foto: Istimewa)

BacaJogja – Capres-cawapres nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) membeberkan tujuh program unggulan yang akan dikerjakan di Yogyakarta jika mendapat mandat dari rakyat pada Pilpres 2024. Program unggulan tersebut diberi nama Jogja Kancah Baur Budaya.

Capres Koalisi Perubahan ini menyampaikan tujuh program unggulan tersebut pada saat acara Desak Anies yang digelar di Rocket Convention Hall Sleman Yogyakarta pada Selasa, 23 Januari 2024. Program yang disiapkan yakni menjadikan Yogyakarta sebagai pusat sinema. Beberapa bioskop akan dibangun maupun mengembang bioskop yang sudah ada.

Read More

Baca Juga: Desak Anies di Yogyakarta Tetap Membludak Meski Pindah Tempat

Menurut dia, pasangan AMIN juga akan membangun banyak ruang terbuka hijau di kawasan Yogyakarta, artinya tidak hanya dibangun di perkotaan namun juga di pedesaan. Pembangunan dilakukan secara merata sehingga siapa pun warga bisa menikmatinya.

Program yang tidak kalah pentingnya yakni sektor transportasi yang terintegrasi seperti JakLingko Jakarta. “Kita meneruskan pengembangan transportasi menjadi JakLingko di Yogyakarta,” kata Anies.

Baca Juga: Izin Acara Desak Anies di Yogyakarta Mendadak Dicabut

Selain itu, kata Anies, program selanjutnya yakni membangun lebih banyak ruang ekspresi untuk kesenian dan olahraga di Yogyakarta, termasuk di kabupaten seperti Sleman, Bantul, Gunungkidul, dan Kulon Progo.

Menurut Anies, di Yogyakarta saat ini mengalami persoalan sampah. Salah satunya karena tempat pembuangan akhir (TPA) yang ada sudah overload. “Kita mendengar ada tantangan pengelolaan sampah, maka kita bangun pengelolaan sampah terpadu untuk seluruh wilayah Yogyakarta,” jelasnya.

Baca Juga: Dua Agenda Anies Baswedan di Yogyakarta, Kampanye Akbar dan Desak Anies

Suami Fery Farhati ini mengungkapkan, program lain yang perlu dilakukan yakni mengembalikan kebebasan berbicara di kampus. Di Yogyakarta yang merupakan Kota Pendidikan, ada ratusan kampus. “Kampus-kampus dikembalikan kebebasan berbicaranya,” tegasnya.

Capres Koalisi Perubahan ini mengungkapkan, pasangan AMIN akan melakukan percepatan pembagunan sisi selatan Yogyakarta. Ada tiga kabupaten di sisi selatan yakni Kulon Progo, Bantul, dan Gunungkidul.

“Sisi Selatan Yogyakarta sering terlewatkan dalam pengembangan. Maka kita akan melakukan akselarasi pembangunan wilayah Selatan Yogyakarta,” tegasnya. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *