DPRD DIY Bantah Klaim TKN Prabowo-Gibran Luncurkan Becak Listrik Pertama di Dunia

  • Whatsapp
becak listrik jogja
Pemda dan DPRD DIY meluncurkan becak listrik pada Desember 2023. (Foto: Istimewa)

BacaJogja – Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Nusron Wahid mengklaim TKN sebagai yang pertama meluncurkan becak listrik di Indonesia, bahkan dunia.

Politikus Partai Golkar ini mengungkapkan klaim tersebut pada acara peluncuran becak listrik yang digelar saat kampanye di Lapangan Gulun, Kota Madiun, Jawa Timur pada Senin, 29 Januari 2024.

Read More

Wakil Ketua DPRD DIY Huda Tri Yudiana membantah klaim tersebut. “Jelas itu bukan yang pertama di Indonesia, apalagi dunia. Yogyakarta lebih dulu meluncurkan becak listrik, diluncurkan tahun lalu,” katanya, Senin, 29 Januari 2024.

Baca Juga: Kotabaru Heritage Festival Menghadirkan Keunikan Kota Yogyakarta

Huda mengungkapkan, becak listrik di Yogyakarta sudah disiapkan tiga tahun lalu. Becak listrik di Yogyakarta dibuat sebagai sebuah sistem bukan sekedar launching. “Disiapkan sejak 3 tahun lalu,” imbuhnya.

Politikus PKS ini mengungkapkan, becak listrik di Yogyakarta bahkan sudah dilengkapi charging station, sistem operasi, koperasi pengelolaan, hingga bagaimana kalau becak tersebut rusak dan sebagainya.

Baca Juga: Tips Hemat Duit Berwisata di Malioboro, Taman Pintar hingga Keraton Yogyakarta

“Jadi bukan sekesar launching lalu diserahkan, namun bagaimana kerusakan, bagaimana sistem charge maupun pengelolaan disiapkan. Bukan sekedar launching untuk kampanye,” sindirnya.

Caleg PKS untuk DPR RI dari Dapil DIY ini mengungkapkan, becak listrik di Yogyakarta sudah beroeprasi sejak Desember 2023. Sebanyak 50 unit becak listrik ini sebagai pilot project dan beroperasi di kawasan Sumbu Filosofi Yogyakarta.

Baca Juga: Ini Dia, 17 Destinasi Wisata Keren Selain Pantai di Gunungkidul Yogyakarta

Becak listrik di Yogyakarta secara secara fisik, tidak ada perbedaan yang berarti dibandingkan dengan becak kayuh konvensional. Becak listrik ini tetap dilengkapi dengan pedal assist dan tudung becak sebagai pelindung dari panas dan hujan.

Fungsi pedal assist ini setelah dikayuh satu putaran, kelistrikan pada becak akan aktif. Dinamo akan menyala dan menggerakkan roda sehingga becak bisa melaju. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *