Ragam Manfaat Buah Delima, dari Meningkatkan Kekebalan Tubuh hingga Cegah Penyakit termasuk Flu

  • Whatsapp
buah delima
Manfaat buah delima untuk kesehatan. (Foto: Istimewa)

BacaJogja – Di musim penghujan tubuh manusia dituntut terus sehat dan memiliki sistem kekebalan yang baik. Hal ini dikarenakan di musim penghujan sangat mudah terjangkit virus termasuk virus influenza.

Pada masa musim penghujan banyak cara dilakukan untuk meningkatkan sistem imun tubuh manusia supaya terus meningkat yaitu dengan penatalaksanaan Farmakologis dan penatalaksanaan Non Farmakologis.

Read More

Penatalaksanaan Farmakologis merupakan pemberian pemberian dengan cara obat–obatan seperti Multi vitamin, Peningkat Imun dan obat anti biotik. Sedangkan penatalaksanaan non Farmakologis dengan cara meningkatkan imun dengan secara alami seperti pemberian tindakan mandiri keperawatan, pemberian nutrisi yang adekuat, olahraga yang cukup dan pemberian buah–buahan yang kaya akan tinggi anti Oksidan.

Baca Juga: BRI Menanam 2023, Cabang Wates Salurkan Ribuan Bibit Pohon Buah di Kulon Progo

Dari kekayaan alam dinegara Indonesia, banyak terdapat buah–buahan yang bisa digunakan untuk meningkatkan sistem imun tubuh manusia. Bahkan buah – buahan tersebut terbilang murah dan mudah didapatkan. Salah satu buah–buahan yang tinggi akan anti oksidan adalah Buah Delima.

Buah Delima memiliki nama latin yaitu “Punica Granatum” salah satu buah–buahan yang tumbuh 5–8 meter. Buah delima ini berasal dari negara Iran dan telah lama dikembangbiakan di Meditarenia.

Buah Delima juga salah satu buah yang disebutkan didalam Al Quran yang memiiki beragam nutrisi penting bagi tubuh. Buah Delima tercatat dalam Surat Al-An’am ayat 99 dan 141 serta dalam Surat Ar-Rahman ayat 68 serta keistimewaannya juga disebutkan didalam hadis Rasululah SAW.

Baca Juga: Khasiat Permen Buah Pepaya Mentah dan Cara Pembuatan Menurut Dosen UNY

Buah Delima memiliki kandungan yang tinggi akan Vitamin C sehingga sangat baik untuk menjaga daya tahan tubuh manusia serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh di masa Pandemi Covid 19.

Buah Delima ini dalam penelitian juga bisa melindungi tubuh dari infeksi virus serta bakteri karena kandungan anti oksidan didalamnya yang dapat melawan peradangan, stres oksifatif dan gangguan kesehatan akibat radikal bebas.

Dosen Spesialis Medikal Bedah Prima Trisna Aji juga menyampaikan salah satu tindakan pengobatan yang baik tanpa efek samping adalah dengan memberikan pengobatan “Back To Nature” atau kembali ke alam. Dikarenakan selain tanpa efek samping juga Allah sudah menciptakan penyakit dan telah menciptakan penyembuhnya yang berada di sekitar kita seperti Buah Delima dan lainnya.

Baca Juga: Marah Bisa Menyebabkan Kematian Mendadak, Begini Penjelasannya

Kalaupun ada beberapa penyakit seperti HIV AIDS yang belum ada obatnya, bukan berarti penyakit tersebut tidak bisa disembuhkan tetapi penyakit HIV AIDS bisa disembuhkan melalui alam sekitar hanya saja penelitian tersebut belum ditemukan.

Prima Trisna Aji juga menyampaikan pemanfaatan Buah Delima untuk menangkal virus Covid 19 bisa terus dilakukan pengembangan penelitian lebih mendalam dikarenakan Buah Delima ini bisa meningkatkan Sistem kekebalan tubuh sehingga Virus akan sulit untuk menembus benteng pertahanan tubuh manusia.

Selain itu berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan bahwa Jus buah delima dapat menetralkan infektivitas dan efektif melawan berbagai jenis virus yang diselimuti seperti influenza A (H3N2) atau baisa disebut dengan penyakit Flu yang disebabkan oleh virus Influenza. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *