Pasar Sentul Yogyakarta Siap Mewadahi 700 Pedagang

  • Whatsapp
peresmian pasar sentul
Wagub DIY KGPAA Paku Alam X meresmikan Pasar Sentul Yogyakarta. (Foto; Pemda DIY)

BacaJogja – Revitalisasi Pasar Sentul Yogyakarta sudah selesai dilakukan. Pasar yang berada di Jalan Sultan Agung nomor 52 Gunungketur, Pakualaman ini siap menjadi sumber perputaran ekonomi masyarakat DIY. Total ada 700 pedagang yang bakal mengais rezeki di pasar ini.

Untuk penataan pedagang di Pasar Sentul dibagi tiga. Lantai satu untuk pedagang yang berjualan hasil bumi seperti sayuran, buah, tahu, tempe, serta makanan olahan dan jajanan kering.

Read More

Sedangkan lantai dua diperuntukkan bagi pedagang yang berjualan sembako, kelontong, plastik, kerajinan, dan bagi pedagang yang berjualan daging ayam sapi ikan serta kambing. Untuk lantai tiga atau atau rooftop akan menjadi zona kuliner.

Baca Juga: Revitalisasi Pasar Godean Sleman Tuntas Mei, Ini Rincian Fasilitasnya

Wagub DIY KGPAA Paku Alam X mengatakan, revitalisasi Pasar Sentul ini adalah bentuk dukungan pemerintah terhadap keberadaan pasar tradisional dan para pelaku ekonomi di dalamnya. Revitalisasi Pasar Sentul dengan memanfaatkan Dana Keistimewaan ini adalah bukti komitmen pelestarian dan pengembangan pasar rakyat sebagai pusat peradaban dan interaksi sosial masyarakat.

“Dalam proses revitalisasi ini, tidak hanya memfokuskan diri pada perbaikan prasarana, sarana, dan fasilitas pasar, tapi juga berupaya menyediakan pasar yang lebih modern, bersih, sehat, dan nyaman,” katanya saat menghadiri peresmian Pasar Sentul Yogyakarta, Selasa, 27 Februari 2024.

Sri Paduka mengatakan, Revitalisasi Ekonomi merupakan upaya meningkatkan pendapatan pedagang, dan memberikan akses yang luas, terhadap pembiayaan serta sumber produk. Hal ini merupakan langkah strategis untuk mengawal harga dan menjaga inflasi, juga memperkuat posisi Pasar Sentul, sebagai sarana perdagangan dan titik distribusi.

Baca Juga: Revitalisasi Pasar Sentul Yogyakarta, 529 Pedagang Direlokasi

Revitalisasi ini adalah upaya menghadapi tantangan zaman, termasuk persaingan dengan online shopping. Pun, revitalisasi Pasar Sentul diharapkan memperhatikan sisi pengembangan dan penguatan teknologi tepat guna. “Kami ingin memastikan Pasar Sentul tidak hanya dapat bertahan, tapi juga berkembang di era digital, dengan memanfaatkan keunikan dan berbagai keunggulan yang dimilikinya,” kata Sri Paduka.

Sri Paduka mengajak segenap komponen untuk memastikan bahwa setiap aspek dan komponen Pasar Sentul terus memberikan manfaat nyata yang berkelanjutan. Tidak hanya untuk saat ini semata, tetapi juga untuk generasi yang akan datang. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *