Revitalisasi Pasar Sentul Yogyakarta, 529 Pedagang Direlokasi

  • Whatsapp
Pasar Sentul Yogyakarta
Pasar Sentul di Jalan Sultan Agung Kota Yogyakarta. (Foto: Pemkot Yogyakarta)

BacaJogja – Pemerintah Kota Yogyakarta akan merevitalisasi bangunan Pasar Sentul yang berada di Jalan Sultan Agung. Para pedagang rencananya akan direlokasi di shelter relokasi sementara di Jalan Babaran, Pandeyan setelah Idul Fitri 2023.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Yogyakarta, Veronica Ambar Ismuwardani mengatakan sudah melakukan koordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman (PUPKP) Kota Yogyakarta dan pelaksana pekerjaan shelter relokasi sementara Pasar Sentul. Saat ini pembangunan sudah hampir 80 persen. “Target sesuai kontrak pekerjaan pembangunan shelter selesai pada 6 April 2023,” katanya, Rabu, 29 Maret 2023.

Read More

Baca Juga: Giwangan Jadi Pusat Pengolahan Sampah Pasar Tradisional se Kota Yogyakarta

Dia memastikan shelter yang akan ditempati para pedagang layak. Berdasarkan hasil survei fasilitas yang disediakan sudah memadai. Shelter yang dibangun terdiri dari 26 kios ukuran 3 x 3 meter, 540 los ukuran 2 x 1 meter dan 80 los ukuran 2 x 1,5 meter. Shelter dilengkapi dengan, toilet, kantor lurah pasar, musala, pos jaga, area parkir, bongkar muat, fasilitas listrik dan air.

Menurut dia, sebelumnya ada sedikit pergeseran untuk fasilitas cuci karena ada yang belum tersedia di zona ikan dan zona warung makan. Fasilitas lainnya sudah cukup. “Kemarin juga sudah hujan, lihat kondisinya tidak ada yang menggenang dan kebocoran. Jadi bagus,” terangnya.

Baca Juga: Menengok Suasana Pasar Tradisional Gotong Royong Kota Magelang

Dia menyatakan sudah mempunyai data dan koordinasi dengan pelaksana untuk menempatkan pedagang sesuai zona. Total ada 529 pedagang Pasar Sentul. Penempatan pedagang di shelter akan disesuaikan dengan zona produk yang dijual. Ada zona sayur, ikan, daging, ayam, kelontong, jajan pasar dan warung makan. Sedangkan penempatan pedagang di tiap zona akan dilakukan dengan pengundian.

“Kita bagi zona karena berkaitan dengan fasilitas yang diperlukan. Misalnya sayuran tidak terlalu banyak memerlukan air. Tapi kalau ayam daging ikan tentu butuh air. Ini tentu butuh fasilitas air dan saluran pembuangan sudah disiapkan,” paparnya.

relokasi pasar sentul
Shelter sementara di Jalan Babaran, Pandeyan untuk relokasi pedagang Pasar Sentul. (Foto: Pemkot Yogyakarta)

Vero menjelaskan sudah melakukan beberapa kali sosialisasi terkait revitalisasi Pasar Sentul kepada semua pedagang dan siap mendukung. Termasuk penempatan pedagang ke shelter relokasi sementara Pasar Sentul di Jalan Babaran dengan cara pengundian.

Rencana pengundian penempatan pedagang di shelter relokasi sementara dilaksanakan pada 10-11 April 2023. “Setelah itu pedagang sudah mulai mencicil pemindahan barang-barang ke shelter. Harapannya setelah lebaran pada 24 April sudah mulai berpindah ke sana (shelter), sehingga awal Mei bangunan Pasar Sentul sudah dibongkar,” tambah Vero.

Baca Juga: Pasar Opo Sanden, Destinasi Wisata Kuliner Tradisional Khas Bantul Yogyakarta

Kepala Dinas PUPKP Kota Yogyakarta, Hari Setyowacono menyampaikan,sudah melakukan komunikasi dengan Dinas Perdagangan Kota Yogyakarta berkaitan dengan fasilitas-fasilitas yang perlu disediakan di shelter relokasi sementara Pasar Sentul. Pihaknya berharap pembangunan shelter itu bisa selesai pada Maret, karena tahap selanjutnya ada pemindahan pedagang Pasar Sentul.

“Pengerjaan shelter dimulai Februari. Model shelter mirip dengan shelter relokasi sementara Pasar Prawirotaman dulu. Setelah pedagang pindah, lalu kami akan lakukan pembersihan lahan di Pasar Sentul. Lalu kami akan lakukan pembangunannya,” tandas Hari. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *