Minimalisir Kecelakaan di Kulon Progo, Polisi Cek Kesiapan Jalur Arus Mudik Lebaran 2024

  • Whatsapp
cek jalur mudik
Polda DIY dan Polres Kulon Progo Cek Kesiapan Jalur Arus Mudik Lebaran 2024. (Foto: Polres Kulon Progo)

BacaJogja – Kapolres Kulon Progo AKBP Nunuk Setiyowati dan Kasat Lantas AKP Johan Rinto Damar Jati mendampingi Tim dari Polda DIY yang dipimpin Dirlantas Polda DIY Kombes Pol Alfian Nurrizal SIK melaksanakan pengecekan jalan di wilayah Kulon Progo dalam rangka persiapan Lebaran Tahun 2024, Jumat, 29 Maret 2024.

Adapun tempat yang dicek meliputi sepanjang jalan nasional jembatan Bantar dampak dengan perbatasan DIY Jateng dan mensurvey Kantor PJR yang baru di mana tempat tersebut dijadikan tempat pendirian Pos Pam Ops Ketupat.

Read More

Selain jalan nasional juga mengecek kondisi jalan Deandeles yang merupakan jalan alternatif termasuk Jembatan Glagah yang baru beberapa bulan dioperasionalkan.

Baca Juga: Begini Kondisi JJLS Kulon Progo untuk Jalur Mudik Lebaran 2023

Kasat Lantas Polres Kulon Progo AKP Johan Rinto Damar Jati mengatakan, pengecekan jalan di Kulon Progo dalam rangka persiapan Lebaran 2024. “Kegiatan bertujuan untuk menurunkan angka kecelakaan lalu lintas di Kulon Progo,” katanya.

Dia mengingatkan, situasi jalan yang lurus dan mulus merupakan menjadi kerawanan terjadinya laka lantas, pengguna jalan akan melaju dengan kencang. “Untuk itu pengemudi harus berkonsentrasi yang baik,” katanya.

Baca Juga: Info Mudik: Pemudik dan Wisatawan Dilarang Lewat Jalur Cinomati Bantul

Selain itu, kata dia, para pengguna jalan dapat memanfaatkan fasilitas jalan dengan maksimal dan dapat sampai tujuan dengan selamat tanpa ada gangguan di perjalanan. “Jika terdapat sesuatu hal di jalan yang perlu adanya perbaikan, maka masih ada waktu bagi pihak terkait untuk memperbaiki maupun memaksimalkan infrastruktur di jalan raya,” katanya.

Menurut dia, dalam rangkan menciptakan rasa aman bagi pengguna jalan selain survei sarana dan prasarana jalan tim survey juga melaksanakan pengecekan lokasi yang akan digunakan untuk pembuatan Pospam (pos pengamanan). “Pos Pam rencana akan didirikan di depan Kantor PJR yang baru,” imbuhnya.

Baca Juga: Info Mudik: Daftar Jalur Alternatif untuk Hindari Macet di Yogyakarta

Satlantas Polres Kulon Progo sudah berkoordinasi dengan Dishub Propinsi atau Kabupaten untuk memasang rambu-rambu lalu lintas beserta rekayasa lalu lintas bila diperlukan.

“Kami mengimbau seluruh pemakai jalan agar selalu berhati hati dan mematuhi aturan lalulintas. Jaga konsentrasi saat berkendara, utamakan keselamatan bukan kecepatan. Jika lelah jangan memaksakan diri, usahakan untuk beristirahat sejenak agar konsentrasi terjaga,” jelasnya. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *