Pemkab Beri Bantuan 9 Kambing Guna Pengembangan Unit 5 BUMKal di Sleman

  • Whatsapp
bantuan ternak sleman
Pemkab memberikan bantuan sembilan kambing untuk pengembangan Unit lima BUMKal di Sleman.

BacaJogja – Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo menyerahkan bantuan hewan ternak guna pengembangan unit Badan Usaha Milik Kalurahan (BUMKal). Penyerahan bantuan secara simbolis digelar di Puri Mataram Beran pada Jumat, 5 April 2024.

Bantuan ini diberikan kepada lima BUMKal pada tahap pertama. Kelima Bumkal yakni Sendangsari, Purwobinangun, Sumberharjo, Sidoluhur dan Sumberadi. Sedangkan bantuan yang diberikan berupa sembilan ekor kambung, terdiri satu jantan dan delapan betina.

Read More

Baca Juga: Sleman Punya Tempat Olahan Pakan Ternak dan Ikan di Girikerto Turi

Kustini menyampaikan selain bantuan hewan ternak, kegiatan ini juga dilaksanakan bimtek pengembangan Unit Usaha BUMKal agar BUMKal di Sleman dapat memaksimalkan manfaat dengan baik. Selain itu juga dapat meningkatkan kapasitas pengelola BUMKal dan menjadi lebih produktif dalam menjalankan usaha ternak khususnya.

Dia mengatakan, para kelompok BUMKal perlu membekali diri dengan peningkatan wawasan dan pengetahuan tentang ilmu beternak kambing yang baik tanpa meninggalkan pengembangan kapasitas peternakan yang telah berhasil guna dalam meningkatkan kesejahteraan para BUMKal. “Harapannya, bantuan ternak bisa dimaksimalkan dan dioptimalkan untuk sehingga produktivitasnya meningkat,” katanya.

Baca Juga: Sudigda Gabung DD Farm Yogyakarta, Serap Ilmu Beternak hingga Mampu Berdaya

Kepala Dinas PMK Sleman, Samsul Bakri melaporkan setiap BUMKal akan mendapat bantuan 1 kambing jantan dan 8 betina. Ia mengatakan bantuan ternak ini dilakukan untuk memperoleh hasil produk susu kambing dan olahannya.

“Kegiatan ini dimaksudkan untuk pengembangan unit usaha BUMKal di Sleman dan baru mencakup 8 kalurahan. Kedepan tentu akan mencakup Kalurahan-kalurahan lain tentunya,” kata Samsul. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *