Media Sosial Dongkrak Tingkat Kunjungan Wisatawan Yogyakarta

  • Whatsapp
malioboro
Malioboro, destinasi wisata di Yogyakarta. (Foto: Pemkot Yogyakarta)

BacaJogja – Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta menyebut tingkat kunjungan wisatawan mengalami kenaikan pada masa libur panjang Lebaran. Tingkat kunjungan meningkat dibanding tahun sebelumnya.

Analis Kebijakan Muda Dispar Jogja Krismono Adjie mengatakan, peningkatan kunjungan wisata salah satunya berkat peran media sosial. “Penambahan jumlah pengunjung ini berkat adanya media sosial,” katanya.

Read More

Dia menyebut berdasarkan catatan sementara, jumlah pengunjung selama libur lebaran di Teras Malioboro saja rata-rata mencapai 24 ribu pengunjung setiap harinya. “Secara umum kunjungan ke Kota Yogyakarta selama libur Lebaran ini meningkat jika dibanding tahun lalu,” katanya.

Baca Juga: Lima Destinasi Wisata Yogyakarta Terbanyak Dipesan di Aplikasi Maxim

Menurut dia, jumlah kenaikan dilihat dari suasananya. Tidak hanya di kawasan Tugu, Malioboro, dan Wisata Keraton saja. Tetapi wisatawan juga menyambangi hingga ke destinasi museum. “Wisatawan juga banyak berdatangan ke kebun binatan (GL Zoo), Taman Pintar, Malioboro, dan lainnya,” ujarnya.

Kampung Wisata Mulai Dilirik Wisatawan

Kunjungan wisatawan ke kampung-kampung wisata juga mengalami peningkatan. “Wisatawan saat ini sudah modern update di sosial media, rata-rata paling banyak di kunjungi ke Kampung Wisata Purbayan, Cokrodiningratan, dan Rejowinangun,” ungkapnya.

Baca Juga: Harga Tiket dan Jadwal Pentas Paket Wisata Srimanganti Keraton Yogyakarta September 2023

Ketiga kampung wisata ini banyak didatangi karena namanya yang sudah familiar dan juga memiliki penghargaan kampung wisata yang berskala Nasional.

Sementara itu, Ketua Kampung Wisata Purbayan Ruli Setiawan mengaku, untuk tahun 2024 jumlah kunjungan Kamwis Purbayan mengalami peningkatan wisatawan walaupun tidak signifikan yang mencapai 1.966 orang.

Baca Juga: Kampung Sayur Bausasran Yogyakarta, Wisata Pertanian Perkotaan yang Mendunia

Ia menyebutkan destinasi yang paling banyak dikunjungi adalah Masjid Besar Mataram yang ada di kawasan Kotagede. Selain itu, destinasi lainnya yang banyak di kunjungi adalah kerajinan perak yang ada di sekitar Kotagede.

Dia berharap tidak hanya saat libur lebaran saja Purbayan dikunjungi wisatawan. “Namun saat hari-hari biasa atau saat libur kerja wisatawan bisa mengunjungi dan menikmati wisata yang ada di Purbayan,” ungkapnya. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *