Profil Pj Wali Kota Yogyakarta Sugeng Purwanto

  • Whatsapp
Pj Wali Kota Yogyakarta Sugeng Purwato
Pj Wali Kota Yogyakarta Sugeng Purwato. (Istimewa)

BacaJogja – Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X melantik Sugeng Purwanto sebagai Pejabat (Pj) Wali Kota Yogyakarta menggantikan Singgih Raharjo. Pelantikan digelar di Kompleks Kepatihan Yogyakarta, Rabu, 22 Mei 2024.

Sugeng Purwanto sebelum menjabat Pj Wali Kota Yogyakarta, bertugas sebagai Asisten Sekretaris III Bidang Pemberdayaan Masyarakat Setda DIY. Sugeng juga pernah menjabat sebagai Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan.

Read More

Baca Juga: Jasad Pemancing Hanyut di Sungai Progo Ditemukan Mengapung

Hal menarik lainnya, Sugeng termasuk satu dari tujuh kandidat Sekda untuk menggantikan Kadarmanta Baskara Aji pada masa itu.

Adapun tujuh kandidat yakni Kuncoro Cahyo Aji (Kepala DLHK DIY), Singgih Raharjo (Kepala Dinas Pariwisata DIY), Srie Nurkyatsiwi (Kepala Dinas Koperasi UKM DIY), Tri Saktiyana (Asekda Bidang Perekonomian dan Pembangunan DIY), Sukamto (Kepala Biro Bina Pemberdayaan Masyarakat), dan Sugeng Purwanto (Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan DIY).

Sementara itu, pada pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan, Sri Sultan memberikan beberapa pesan kepada Pj Wali Kota Yogyakarta Sugeng Purwanto. Sultan minta Pemkot Yogyakarta serius dalam pengelolaan sampah.

Baca Juga: Rute Lengkap dan Tarif Teman Bus Yogyakarta

Pesan lainnya menjaga netralitas ASN dalam penyelenggaraan Pilkada Wali Kota Yogyakarta 27 November 2024. “Kami berharap Pemkot Yogyakarta dapat mengawal menyiapkan segala sesuatunya dengan baik. Selain itu juga dapat memastikan dan menjaga netralitas ASN, agar Pilkada dapat berjalan dengan lancar dan kondusif,” kata Sultan.

Sugeng Purwanto sendiri menyatakan siap mengawal Pilkada, serta memastikan setiap ASN di lingkup Pemkot dapat menjaga netralitas selama tahapan Pilkada berlangsung.

Baca Juga: Syarat, Biaya, dan Cara Perpanjangan SIM

“Netralitas ASN itu hukumnya wajib dan tentunya kami siap mengawal rangkaian penyelenggaraan Pilkada di Kota Yogyakarta dengan sebaik mungkin. Sehingga Pilkada bisa berjalan dengan baik, lancar dan juga kondusif,” katanya.

Pihaknya juga menambahkan, saat ini pekerjaan rumah bagi Pemkot Yogyakarta adalah berkaitan dengan pengelolaan sampah. “Tentunya apa yang menjadi kebijakan dari Penjabat Wali Kota sebelumnya terkait penanganan sampah akan kami lanjutkan. Kalau ada kekurangan insyallah nanti akan kami lengkapi, dengan dorongan serta dukungan dari semua pihak dan perangkat daerah terkait, dan pastinya masyarakat Kota Yogyakarta,” ungkapnya. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *