Profil Pj Bupati Kulon Progo Srie Nurkyatsiwi

  • Whatsapp
Pj Bupati Kulon Progo Srie Nurkyatsiwi
Pj Bupati Kulon Progo Srie Nurkyatsiwi. (Istimewa)

BacaJogja – Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X melantik Srie Nurkyatsiwi sebagai Pj Bupati Kulon Progo menggantikan Ni Made Dwipayanti. Pelantikan digelar di Kompleks Kepatihan Yogyakarta, Rabu, 22 Mei 2024.

Srie Nurkyatsiwi dengan pangkat kepegawaian Pembina Utama Muda/ IV/c. Sebelum menjabat sebagai Pj Bupati Kulon Progo, Srie Nurkyatsiwi menjabat sebagai Kepala Dinas Koperasi dan UKM DIY.

Read More

Perempuan yang akrab disapa Siwi ini merupakan lulusan S-2 Magister Manajemen Agribisnis UPN Veteran Yogyakarta. Siwi termasuk satu dari tujuh kandidat Sekda untuk menggantikan Kadarmanta Baskara Aji pada masa itu.

Baca Juga: Jadwal KA Prameks Yogyakarta Kutoarjo PP Saat Libur Waisak 23-26 Mei 2024

Adapun tujuh kandidat yakni Kuncoro Cahyo Aji (Kepala DLHK DIY), Singgih Raharjo (Kepala Dinas Pariwisata DIY), Srie Nurkyatsiwi (Kepala Dinas Koperasi UKM DIY), Tri Saktiyana (Asekda Bidang Perekonomian dan Pembangunan DIY), Sukamto (Kepala Biro Bina Pemberdayaan Masyarakat), dan Sugeng Purwanto (Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan DIY).

Siwi lebih banyak dikenal sebagai Kepala Dinas Koperasi dan UKM DIY. Salah satu program yang cukup fenomenal di masa kepemimpinannya yakni SiBakul Jogja.

SiBakul Jogja merupakan platform resmi milik Dinas Koperasi dan UKM Daerah Istimewa Yogyakarta yang ditujukan sebagai sistem pendataan berbasis website yang kemudian dikembangkan menjadi marketplace untuk membantu menjawab tantangan-tantangan yang dihadapi UMKM, salah satunya pada aspek pemasaran.

Baca Juga: Daftar Negara Eropa yang Mengakui Palestina Negara Merdeka

SiBakul Jogja secara resmi diluncurkan pada 11 November 2019 sebagai bentuk digitalisasi model Pembinaan Sirkular Dinas Koperasi dan UKM DIY bagi pelaku Koperasi dan UKM.

Saat ini SiBakul Jogja telah mendapatkan beberapa kali pembaharuan termasuk fasilitas yang diberikan. SiBakul Jogja menyediakan fasilitas Gratis Ongkos Kirim bagi UMKM yang terdaftar ke Markethub SiBakul. Program Gratis Ongkir ini merupakan program yang memberikan fasilitas gratis ongkos pengiriman produk secara lintas sektor yang melibatkan pihak ketiga sebagai offtaker.

Sementara itu, pada pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan, Sri Sultan memberikan beberapa pesan kepada Pj Bupati Kulon Progo. Salah satunya perlu mengoptimalkan peran wilayahnya sebagai kota bandara, melalui potensi smart agriculture, smart tourism, dan circular economy.

Baca Juga: Ragam Produk Sandang Murah di Pasar Relokasi Godean Sleman 21-28 Mei 2024

Pemkab Kulon Progo harus cermat dalam memilih dan memilah investor dengan ketat dalam proyek Aeropolis YIA sesuai program pembangunan yang telah direncanakan bersama Pemda DIY. “Kerja sama dengan JICA harus terus dilanjutkan, untuk mengintegrasikan kawasan bandara dengan pengembangan infrastruktur pendukung yang efektif, agar memberikan benefit nyata bagi Kulon Progo,” jelasnya.

Selain itu, UMKM di Kulon Progo harus diberikan dukungan khusus untuk meningkatkan standar dan keterjangkauan produk mereka, agar memenuhi kualitas internasional, dengan memanfaatkan fasilitas di YIA, untuk mempromosikan produk-produk terkurasi kepada wisatawan internasional. Tentu dengan didukung optimalisasi platform SiBakul Jogja, untuk penetrasi pasar UMKM melalui IT.

Terakhir, Pj Bupati Kulon Progo, juga harus memastikan program bantuan sosial lansia dapat berjalan efektif dalam bingkai akuntabilitas dan berkeadilan, dengan kolaborasi lintas sektor antar level pemerintahan. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *