Mengenal Sri Samiasih, Tokoh Perempuan yang Turut Meramaikan Bursa Pilkada Kota Yogyakarta

  • Whatsapp
sri samiasih
Sri Samiasih saat turun aksi di Titik Nol Yogyakarta (Istimewa)

BacaJogja – Sri Samiasih menjadi salah satu tokoh perempuan yang ikut meramaikan bursa Pemilihan Kepala Daerah Kota Yogyakarta 2024. Banyak kalangan mendukungnya untuk maju Pilkada Ibu Kota Provinsi DIY ini.

Asih, sapaan akrabnya, sudah menjajaki dengan sejumlah partai politik. “Ya, komunikasi dengan sejumlah partai politik, antara lain dengan PKS dan Gerindra,” kata perempuan kelahiran 20 Juni 1966 ini, Minggu, 30 Juni 2024.

Read More

Menurut dia, salah satu gagasannya tentang Kota Yogyakarta yakni mengentaskan kemiskinan. Sebagai aktivis sosial, Praktisi usaha bimbingan belajar Indonesia College tahu betul problematika yang dihadapi masyarakat.

Baca Juga: Imbauan Forum Tanah Air Agar Tak Salah Pilih Pemimpin pada Pilkada Serentak 2024

Selama ini, Samiasih juga aktif di kegiatan sosial Lumbung Amanah salah satu program pengentasan kemiskinan di Kota Yogyakarta dan DIY. Programnya berupa penyaluran paket sembako kepada masyarakat kurang mampu.

Mulai dari tetangga sekitar dan melebar ke berbagai tempat sesuai dengan permintaan. Sasarannya adalah masyarakat kurang mampu yang dikoordinasikan beberapa takmir masjid maupun relawan umum.

Paket diberikan secara rutin dan berkelanjutan satu bulan sekali, dan sudah berjalan semenjak 2016. Paket bantuan sembako berisi minyak, mie instan, gula, beras, dan telur.

Baca Juga: Pusat Data Nasional “Down” Berhari-hari, Kejujuran Pemerintah Sangat Dipertanyakan

Alumni S1 Pendidikan Kimia Universitas Negeri Yogyakarta ini mengungkapkan, selain pemberian bantuan kepada warga tidak mampu, warga juga diberi pelatihan-pelatihan pemberdayaan. Tujuannya agar masyarakat mandiri dan berdaya saing. “Ibaratnya tidak sekedar membeli ikan, tapi juga kailnya,” jelasnya.

Samiasih selama ini juga aktif dalam kegiatan keagamaan. Seperti pengajian remaja berbasis masjid dan TPQ dikelola sejak 2023 diikuti oleh jemaah remaja Kecamatan Tegalrejo, mengelola pengajian tafsir alquran secara rutin satu pekan sekali dan sudah berlangsung sejak 2021. Ada 1 kelas kajian tafsir.

Selain itu juga mengelola pengajian tahsin memperbaiki bacaan alquran dan murattal secara rutin satu bulan sekali. Ada satu kelas yang dikelola sejak 2022. “Alhamdulillah, semua dikerjakan dengan ikhlas dan tulus. Mengabdi kepada masyarakat jauh sebelum ikut di dunia politik,” katanya.

Baca Juga: Cara Menghadapi Teman yang Toxic dalam Kehidupan Kita

Sebagai informasi, Samiasih juga aktif dalam berbagai komunitas; seperti Komunitas Gowes, memimpin komunitas gowes dan melaksanakan kegiatan gowes rutin dengan dengan berbagai komunitas gowes di Yogyakarta dan even-even gowes di DIY.

Komunitas Traveling, ikut grup traveling dalam maupun luar negeri Goodway Vacation Community. Komunitas Senam, menjadi instruktur senam lansia di kampung-kampung dan kelurahan Karangwaru dan Kemantren Tegalrejo.

Profil Sri Samiasih

Biodata :
Nama Lengkap : Sri Samiasih, S. Pd.
Nama Medsos : @samiasih66
Tempat dan tanggal Lahir: Tegal, 20 Juni 1966
Agama : Islam
Pendidikan Terakhir : S1 Pendidikan Kimia IKIP Negeri Yogyakarta 1995
Medsos ( iG & TikTok) : @asih_ic

Pendidikan :
a. SDN I Pedagangan, Dekuhwaru, Kabupaten Tegal, Propinsi Jawa Tengah. Tahun 1980
b. SMPN I Slawi, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah Tahun 1983.
c. SMA Negeri 1 Slawi, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah Tahun 1986
d. D3 Pendidikan Kimia, IKIP Negeri Yogyakarta, Tahun 1989.
e. S1 Pendidikan Kimia, IKIP Negeri Yogyakarta (UMY), Tahun 1995.

SPESIFIK KEAHLIAN
a. Kemampuan bahasa Inggris pasif/sedang
b. Kemampuan bahasa arab pasif
c. Kemampuan bahasa daerah Jawa dan Nasional Indonesia aktif pasif.
d. Leadership
e. Pekerja Sosial untuk membantu pengentasan kemiskinan masyarakat
f. Motivator Enterpreneuship
g. Praktisi usaha bimbingan belajar INDONESIA COLLEGE dengan cabang usaha di Yogyakarta, Semarang, Depok, Bandung, Bekasi, Surabaya, Malan, dan Denpasar

PENGALAMAN ORGANISASI
a. Mengelola TPA (2000 – sekarang)
b. Mengelola PAUD (2007)
c. Pengurus IPHI (MTP) Kecamatan Tegalrejo
d. Mengelola jamaah pengajian Husnul Khotimah (2019 – sekarang)

AKTIVITAS SOSIAL
a. Lumbung Amanah: Program pengentasan kemiskinan di wilayah kota Yogyakarta dan DIY. Programnya berupa penyaluran paket sembako kepada masyarakat kurang mampu. Mulai dari tetangga sekitar dan melebar ke berbagai tempat sesuai dengan permintaan. Sasarannya adalah masyarakat kurang mampu yang dikordinasikan beberapa takmir masjid maupun relawan umum. Paket diberikan secara rutin dan berkelanjutan satu bulan sekali, dan sudah berjalan semenjak 2016. Paket bantuan sembako berisi minyak, mie instan, gula, beras, dan telur.

b. Kegiatan Pengajian Tafsir: Mengelola pengajian tafsir alquran secara rutin satu pekan sekali dan sudah berlangsung sejak 2021. Ada 1 kelas kajian tafsir.

c. Pengajian Tahsin: Mengelola pengajian tahsin memperbaiki bacaan alquran dan murattal secara rutin satu bulan sekali. Ada satu kelas yang dikelola sejak 2022.

d. Pengajian Remaja: Pengajian remaja berbasis masjid dan TPQ dikelola sejak 2023 diikuti oleh jamaah remaja kemantren Tegalrejo.

KOMUNITAS HOBI
a. Komunitas Gowes: memimpin komunitas gowes dan melaksanakan kegiatan gowes rutin dengan dengan berbagai komunitas gowes di Yogyakarta dan even-even gowes di DIY .
b. Komunitas Traveling: ikut grup traveling dalam maupun luar negeri Goodway Vacation Community.
c. Komunitas Senam: menjadi instruktur senam lansia di kampung-kampung dan kelurahan Karangwaru dan Kemantren Tegalrejo

PENGALAMAN PELATIHAN
a. Pelatihan Pengelolaan TPA tahun 2007
b. Pelatihan Pengelolaan Sampah Perkotaan 2010
c. Pelatihan Komunikasi Publik 2023

PENGALAMAN KERJA
1. Guru SMA Panca Sakti Tegal 1989
2. Pengajar pada Lembaga Pendidikan Neutron Yogyakarta 1996. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *