GL Zoo Yogyakarta Buka Sabtu dan Minggu Saat Ramadan

  • Whatsapp
Kebun Binatang Jogja
Suasana GL Zoo Yogyakarta. (Foto: Istimewa)

Yogyakarta – Gembira Loka Zoo (GL Zoo) Yogyakarta rencananya hanya beroperasi pada saat weekend yakni atau Sabtu dan Minggu saat Ramadan. Objek wisata kebun binatang ini akan beroprasi penuh pada 8 Mei 2021 atau seminggu sebelum Lebaran.

Manajer Pemasaran GL Zoo Yogyakarta, Yosi Hermawan mengatakan, mulai 13 April sampai 7 Mei 2021 kami rencana akan tutup. “Hanya buka pada Sabtu dan Minggu saja,” katanya, Senin, 12 April 2021.

Read More

Keputusan untuk tidak beroperasional selama Ramadan ini berdasarkan evaluasi kunjungan, bahwa tiap bulan suci selalu sepi pengunjung. Apalagi di tengahi Covid-19 seperti sekarang ini. Manajemen memperkirakan dari hasil penjualan karcis masuk tidak mencukupi untuk biaya operasional.

Baca Juga:

Menurut Yosi, meski telah diputuskan tutup selama Ramadan, namun bila animo wisatawan yang ingin berkunjung ke kebun binatang tersebut tinggi peminatnya, tidak tertutup kemungkinan akan dilakukan perubahan. “Maka, kami akan terus evaluasi respons pengunjung. Konsep awal kami akan tutup dulu,” tutur dia.

“Hanya buka pada Sabtu dan Minggu saja”

Dia mengakui dalam dua-tiga minggu terakhir tingkat kunjungan meningkat dibanding hari-hari biasa. Kalau di saat pandemi Covid-19 ini hari-hari biasa jumlah pengunjung hanya atara 400-500 orang, dan saat weekend sekitar 1.500 pengunjung.

Tapi dua-tiga minggu terakhir untuk harian maupun weekend pada Sabtu dan Minggu, terjadi lonjakan angka kunjungan. “Tiga minggu terakhir memang jumlah kunjungan luar biasa. Bahkan pada Minggu kemarin mencatat rekor bahwa selama pandemi Covid-19, sehari itu terjual tiket 3.100 lembar,” sebut Yosi.

Baca Juga:

Direktur Utama GL Zoo, KMT.A. Tirtodiprojo menjelaskan di masa pandemi sekarang GL Zoo yang memiliki lahan seluas 20 hektar, maksimal dikunjungi 2.500 wisatawan. “Jumlah tersebut cukup aman untuk jaga jarak antarpengunjung,” katanya.

Dia mengatakan, pada saat Lebaran yang biasanya ramai pengunjung, tetap dibatasi jumlah wisatawan yang masuk. Pihaknya menyiapkan penjualan tiket secara online, supaya pengunjung bisa booking lebih dulu. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *