Penipuan Akun Maulana Balker Catut RSUD Nyi Ageng Serang Kulon Progo

  • Whatsapp
penipuan online
Akun Penipuan dan foto-foto untuk melancarkan aksinya. (Foto: Istimewa)

Kulon Progo – Percobaan penipuan dilakuan orang tidak bertanggung jawab dengan mencatut nama RSUD Nyi Ageng Serang Kulon Progo, Yogyakarta. Aksi ini dilakukan melalui media sosial Facebook dengan akun Maulana Balker dengan modus meminta rasa iba untuk membiayai anaknya yang sedang dirawat di rumah sakit.

Seperti dilihat BacaJogja.id pada Rabu, 21 Juli 2021, akun Maulana Balker ini mengunggah di sejumlah grup Facebook. Dalam postingannya, akun Maulana Barker menyertakan sejumlah foto perempuan menggendong anak, seorang anak sedang berada di atas bed rumah sakit, sejumlah susu merks SGM dan lainnya.

Read More

Tujuannya untuk menyakinkan warganet bahwa hal itu benar adanya. Berikut narasi postingan Maulana Balker:

“Assalamualaikum untuk semua terutama admin tolong diloloskankan,
Hari ini saya kalah oleh keadaann izinkan saya untuk mengeluh & mengadu.
Sy butuh sedikit tambahan untuk anak saya yang baru saja dirawat di RSUD Nyi Ageng Serang, ruangan HCU. Simpanan saya ternyata tidak cukup untuk membayar uang muka, Atau saya mau jual ada 8 box susu SGM 600g 3thn pemberian teman saya dan sidah izin untuk saya jual untuk tambah-tambahan, dari pada kadaluwarsa karena putra saya masih enam bulan, barangkali ibu bapak berkenan untuk membeli”

Postingan tersebut mendapat respons dari pihak rumah sakit. Kasie keperawatan dan Kebidanan RSUD Nyi Ageng Serang Sri Yuli Nurlaeni, menyampaikan klarifikasi terkait postingan Maulana Balker ini. Pertama, Obyek yang ada dalam foto yang di posting tersebut, tidak menggambarkan keadaan di RSUD Nyi Ageng Serang.

penipuan online
Psotingan Maulana Balker mencatut RSUD Nyi Ageng Serang Kulon Progo (Foto: Istimewa)

Kedua, RSUD Nyi Ageng Serang tidak pernah meminta uang muka kepada pasien terhadap pelayanan apa pun. Ketiga, dalam dua minggu terakhir ruang HCU tidak ada pasien yang dirawat. “Demikian klarifikasi kami, semoga bermanfaat dan tidak ada yang menjadi korban akibat postingan tersebut,” tulisnya.

BacaJogja.id menelusuri linimasa akun Maulana Balker ini sudah melakukan hal serupa, mencatut sejumlah rumah sakit dengan modus yang sama. Unggahan di medsos pun dengan foto-foto dan narasi kalimat yang sama, hanya diedit nama rumah sakitnya. Akun ini juga melakukan percobaan penipuan dengan mencatut RSUD Bumiayu (Brebes, Jawa Tengah), RSUD H.A Sultan Daeng Radja Bulukamba (Sulawesi Selatan), RSU Wonolangan (Probololinggo, Jawa Timur).

Selain itu, akun Maulana Barker mengunci profil Facebook-nya. Sehingga tidak bisa menelusuri keberadaan lebih lanjut sosok si penipu ini. Bahkan profil Facebook-nya tidak bisa discrenshot atau tangkap layar. []

Baca Juga:

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *