Catatan Menteri Luhut saat Mengunjungi Solo Raya dan Yogyakarta

  • Whatsapp
Luhut di Malioboro
Menko Marves Luhut Pandjaitan saat di Malioboro Yogyakarta (Foto: Dok. Pribadi)

Yogyakarta – Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan melakukan kunjungan ke Solo Raya dan Yogyakarta, Kamis, 5 Agustus 2021. Luhut menulis catatannya saat kunjungannya itu yang diunggah di beranda Facebook pribadinya. Berikut catatan Luhut:

Hari ini saya mengunjungi wilayah Solo Raya dan Yogyakarta untuk melihat perkembangan tempat Isolasi terpusat dan pelaksanaan vaksinasi. Bersama dengan Menteri Kesehatan, saya melihat apa yang bisa dimaksimalkan dari dua wilayah ini sekaligus mendengar langsung proses percepatan dilapangan untuk dua agenda ini.

Read More

Baca Juga: Menteri Luhut Umumkan Bansos Sudah Cair, Rapel Dua Bulan dan Beras 10 Kg

Dengan menggunakan pengeras suara dan dari jarak yang cukup jauh, saya memberikan sedikit semangat kepada para pasien yang menjalani isolasi mandiri di fasilitas isolasi terpusat agar tetap semangat untuk sembuh. Saya juga sampaikan bahwa pemerintah menjamin ketersediaan obat-obatan, oksigen, hingga konsumsi selama di Isolasi terpusat. Karenanya saya ingin apabila ada salah satu warga atau salah satu anggota keluarga mereka yang sudah dinyatakan positif Covid-19, maka harus segera datang ke lokasi Isolasi terpusat yg tersebar di seluruh Jawa dan Bali agar mendapat penanganan yang tepat.

Saya merasa lega ketika mendengar pengakuan salah satu warga yang menjalani isolasi disana bahwa pelayanan di lokasi karantina terpusat sangat baik. Mereka mendapat perawatan dan penanganan serta fasilitas yang memadai untuk penyembuhan setelah terpapar Covid-19. Mereka merasa senang karena ada perhatian dari pemerintah dan tidak kekurangan sedikitpun dalam proses perawatan dan penyembuhan di fasilitas isolasi terpusat.

Luhut di Yogyakarta
Menko Marves Luhut Pandjaitan berdialog dengan warga. (Foto: Dok. Pribadi)

Selain mengunjungi fasilitas isolasi terpusat, saya juga mengunjungi Pasar Klewer dan Pusat Wisata Malioboro untuk melihat kondisi sekaligus aktivitas jual-beli di pasar selama pelaksanaan PPKM. Saya pastikan kepada para pedagang terkait pelonggaran aktivitas agar perekonomian masyarakat bisa kembali bergerak.

Namun, saya sampaikan pada mereka bahwa untuk mencapai hal tersebut, syaratnya capaian vaksinasi harus baik pun demikian dengan penerapan protokol kesehatan oleh masyarakat. Mudah-mudahan beberapa pedagang yang belum membuka tokonya disini, kedepannya bisa berjualan kembali sehingga sektor usaha lainnya perlahan bisa dibuka. Saya juga menitipkan pesan dari Presiden Joko Widodo agar para pedagang sedikit bersabar dan terus mematuhi protokol kesehatan demi pulihnya aktivitas perekonomian masyarakat.

Baca Juga: Yogyakarta Bentuk Satuan Tugas Khusus Tekan Kematian Pasien Corona

Kita semua tahu bahwa seluruh negara tidak hanya Indonesia saja, terbukti belum dapat mengendalikan penyebaran wabah penyakit covid-19 ini. Namun, ini bukan alasan bagi pemerintah untuk menyerah dan tidak melakukan apapun.

Pemerintah memastikan penanganan yang terkendali baik itu obat, oksigen, maupun ketersediaan tempat tidur Rumah Sakit, dengan catatan kita dibantu oleh sikap disiplin masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan. Semoga dengan kerjasama dan saling membantu seperti ini, angka kesembuhan semakin tinggi serta sektor usaha dan aktivitas ekonomi masyarakat bisa bergerak kembali. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *