Menteri Luhut: 70 Juta Vaksin Harus Disuntikkan pada Agustus – September

  • Whatsapp
Luhut di Jogja
Menteri Luhut Pandjaitan saat mengunjungi Sleman, Yogyakarta. (Foto: Pemkab Sleman)

Yogyakarta – Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan melakukan kunjungan ke sejumlah tempat di Yogyakarta. Kunjungannya yang didampingi Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X ini, salah satunya secara langsung meninjau salah satu tempat vaksinasi di Kompleks Pemkab Sleman, Jumat, 6 Agustus 2021.

Pada kesempatan itu, Menteri Luhut menyampaikan, Agustus hingga September ini, sebanyak 70 juta vaksin harus disuntikkan kepada warga untuk mewujudkan herd immnuty atau kekebalan kelompok. “Sebanyak 70 juta vaksin harus disuntikkan pada Agustus sampai September,” katanya.

Read More

Dia mengatakan, varian Delta ini sangat berbahaya karena menyerang pernapasan. “Kalau sekali dia (varian Delta) masuk saturasinya udah turun di bawah 95 turun di bawah 90 tidak ditangani kemungkinan untuk meninggal itu sangat tinggi,” jelas Menteri Luhut.

Baca Juga: Catatan Menteri Luhut saat Mengunjungi Solo Raya dan Yogyakarta

Menteri Luhut menekankan untuk masyarakat dengan konfirmasi kasus positif agar melakukan isolasi secara terpusat. Juga menekankan untuk memperbanyak tracing dan testing.

Dia mengaku telah mendapatkan laporan positif dari Gubernur DIY Sri Sultan HB X bahwa pengefektifan tracing dan testing akan melibatkan mahasiswa kedokteran tingkat akhir dari UGM dan beberapa universitas di Yogyakarta.

Lebih lanjut Koordinator PPKM Level 4 ini saat mengunjungi pelaksanaan vaksinasi massal dan mengunjungi shelter isolasi asrama haji, meminta kepada Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo untuk meningkatkan jumlah vaksin empat kali lipat. Target tersebut disesuaikan dengan rencana vaksinasi 2,3 juta orang per hari ke depannya.

Menanggapi hal itu, Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo secara tegas siap menjawab tantangan Luhut. “Kami menargetkan akhir tahun 2021 target 70 persen,” kata Kustini.

Baca Juga: Menteri Luhut Umumkan Bansos Sudah Cair, Rapel Dua Bulan dan Beras 10 Kg

Dia mengatakan, target peserta vaksinasi harian di Sleman sudah mencapai angka sekitar 5.000 orang. Angka tersebut sudah melebihi jumlah peserta vaksin yang ditetapkan pada daerah PPKM Level 4 yakni 2.700 orang.

Selain meningkatkan target peserta, fasilitas layanan kesehatan yang melaksanakan vaksinasi juga akan diperkuat. “Sebanyak 25 puskesmas yang ada di Sleman setiap harinya menyelenggarakan vaksin lebih dari 200 dosis,” ujarnya.

Kustini mengatakan, cakupan vaksinasi di Kabupaten Sleman telah mencapai 39,7 persen. Untuk dosis pertama telah disuntikkan sebanyak 352.987 atau 40,2 persen. Sedangkan dosis kedua mencapai 144.491 atau 16,4 persen. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *