Ledok Sambi Kaliurang, Wisata Alami yang Mengasyikkan di Kaki Gunung Merapi

  • Whatsapp
ledok sambi sleman
Suasana berpiknik di tepi aliran sungai jernih di Wisata Ledok Sambi Kaliurang (foto:Instagram/ledoksambi)

Sleman – Tak lengkap jika berkunjung ke Yogyakarta tidak mampir di objek wisata tersembunyi yang satu ini. Namanya Ledok Sambi Kaliurang, berlokasi di kaki Gunung Merapi, tepatnya di Desa Sambi, Jalan Kaliurang Kilometer 19,2, Kapanewon Pakem, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Wisata ini memiliki pemandangan yang indah karena lingkungan yang masih asri dan bersih. Di tempat ini juga menyuguhkan kesejukan suasana khas pedesaan Yogyakarta.

Read More

Baca Juga: Santai Menghabiskan Waktu Weekend di Alun-alun Kidul Yogyakarta

Ledok Sambi Kaliurang merupakan tempat wisata yang unik sekaligus menarik karena pengunjung bisa kulineran sambil piknik dengan menikmati pemandangan alam yang masih alami. Pengunjung bisa bercengkrama, berfoto ria di tepi sungai yang memiliki air yang jernih. Aliran air di tempat ini tidak begitu deras.

Untuk berpiknik, pengunjung bisa meminjam tikar atau berteduh di gazebo jika cuaca sedang panas atau saat hujan. Selain kulineran, Ledok Sambi Kaliurang juga memiliki fasilitas yang tak kalah menarik yaitu camping ground dan outbound.

ledok sambi kaliurang
Pemandangan suasana sejuk dan asri pedesaan wisata Ledok Sambi
(foto:Instagram/ledoksambi)

Jika ingin berkemah di camping ground dengan membawa tenda dan perlengkapan kemah sendiri, hanya perlu mengeluarkan budget Rp35.000 per orang untuk sewa lahan. Selain itu Ledok Sambi juga menyediakan fasilitas penyewaan tenda dengan budget Rp120.000 per malam.

Baca Juga: Bupati Promosi Obyek Wisata Mangunan Bantul Ibarat Mencicipi Emperan Surga

Outbound di Ledok Sambi juga tak kalah mengasyikkan. Pengunjung bisa naik flying fox dengan budget Rp25.000 per orang. Selain flying fox juga ada paint ball dengan biaya Rp50.000 per orang. Jika pengunjung bersama keluarga ingin turun ke sungai dan bermain air, Ledok Sambi juga menyediakan fasilitas penyewaan ban dengan biaya Rp10.000 untuk digunakan sepuasnya.

Baca Juga: Daftar 20 Objek Wisata di Pulau Jawa Buka Uji Coba Penggunaan PeduliLindungi

Ledok Sambi Kaliurang berjarak sekitar 20 kilometer dari pusat Kota Yogyakarta. Estimasi perjalanan bisa ditempuh kurang lebih sekitar 45 menit. Pengunjung dapat masuk secara gratis di wisata ini tetapi disediakan kotak sukarela dan hanya perlu membayar tiket karcis untuk parkir.

Ledok Sambi Kaliurang buka setiap hari pada pukul 09.00 – 16.30. Hal penting yang perlu dilakukan bagi pengunjung yakni tetap menjaga kebersihan selama berada di wisata ini. Destinasi wisata ini termasuk dalam wisata yang memiliki tingkat kebersihan yang baik. []

Artikel kiriman Lusiana Indah Lestari, Mahasiswi Prodi Public Relation ASMI Santa Maria Yogyakarta.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *