Partai Gelora Tanam 10 Juta Pohon Serentak di 34 Provinsi

  • Whatsapp
Gelora Tanam Pohon
DPW Partai Gelora DIY bekerja sama dengan DPD Partai Gelora Gunungkidul menanam pohon di Jamburejo, Bandung, Playen, Gunungkidul. (Foto: Istimewa)

Gunungkidul – Partai Gelombang Rakyat (Gelora) Indonesia melakukan penanaman 10 juta pohon secara serentak di 34 provinsi, termasuk di Yogyakarta. Kegiatan dalam rangka Hari Menanam Pohon Indonesia ini digelar pada Minggu, 28 November 2021.

Penanaman pohon untuk wilayah Yogyakarta dilakukan oleh DPW Partai Gelora DIY bekerja sama dengan DPD Partai Gelora Gunungkidul. Acara dipusatkan di Dusun Jamburejo, Kalurahan Bandung, Kapanewon Playen, Kabupaten Gunungkidul.

Read More

Baca Juga: Hujan Disertai Angin Kencang, Pohon Bertumbangan di Gamping Sleman

Ketua Umum Partai Gelora Anis Matta mengatakan, program menanam 10 juta pohon ini adalah kontribusi kecil Partai Gelora dalam membirukan planet Bumi. Partai Gelora juga akan meminta setiap kadernya menanam minimal 25 pohon seumur hidupnya.

Bencana alam yang ditimbulkan oleh perubahan iklim saat ini, telah mengubah planet kita ini, menjadi planet yang sangat tidak nyaman dihuni,” katanya.

Baca Juga: Update Data Dampak Bencana Alam di Yogyakarta, Terbanyak di Gunungkidul

Menurut dia, jika kondisi seperti yang sekarang ini, dibiarkan dan terus berlangsung, maka Indonesia akan menghadapi ancaman keamanan nasional yang jauh lebih besar dari pada ancaman perang. “Yang sesungguhnya kita hadapi adalah ancaman kepunahan kita sebagai penghuni bumi,” katanya.

Ketua DPW Partai Gelora DIY Zuhrif Hudaya mengajak masyarakat Yogyakarta untuk turut serta dalam aksi menanam pohon. Aksi ini bisa dilakukan di halaman rumah atau pun ruang publik lainnya.

Baca Juga: Waspada Bencana Hidrometeorologis Sektor Wisata, termasuk Banjir Lahar Merapi

Dia mengatakan, meskipun sering dianggap remeh, menanam pohon memberikan banyak manfaat dari mulai manfaat sosial, lingkungan hingga manfaat ekonomi.

Zuhrif mengungkapkan, pohon secara alami menarik karbon dan mengeluarkan produk sampingan yang sangat berguna bagi manusia yakni oksigen. “Ayo ikut berpartisipasi dalam program penanaman 10 juta pohon. Karena pohon kita, adalah oksigen kita, pohon kita adalah hidup kita,” tegasnya. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *