Tes Acak Antigen Diberlakukan bagi Wisatawan Malioboro Yogyakarta Saat Nataru

  • Whatsapp
Malioboro
Malioboro Yogyakarta. (Foto: Facebook/Jogja Backpacker Home)

Yogyakarta – Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kota Yogyakarta akan melakukan tes acak Covid-19 bagi wisatawan yang datang ke Kota Yogyakarta. Setidaknya disiapkan pemeriksaan acak antigen bagi para pelancong.

“Tes acak antigen ini akan dilakukan termasuk pada saat liburan Natal dan Tahun Baru 2022, terutama di pusat keramaian seperti di kawasan Malioboro,” kata Ketua Harian Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi, belum lama ini.

Read More

Baca Juga: Menikmati Suasana Malam di Slasar Malioboro Yogyakarta

Heroe menjelaskan, nantinya setiap akhir pekan Sabtu dan Minggu secara rutin melakukan pemeriksaan acak antigen. Kegiatan ini akan menyesuaikan aturan yang berlaku seperti menutup alun-alun dan lapangan saat malam tahun baru dan aturan perjalanan lain serta aturan pembatasan kapasitas.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Dinas Kesehatan Kota Yogya, Yudiria Amelia mengatakan, tes acak antigen sebenarnya sudah diberlakukan kepada pengunjung Malioboro sejak pertengahan Oktober 2021.

Namun adanya pembatasan PPKM maka kegiatan tersebut sempat terhenti. “Akan dilaksanakan kembali pada libur Natal dan Tahun Baru 2022,” ungkapnya.

Baca Juga: Warga Sudah Kangen Malioboro, Disimulasikan Lama Kunjungan Maksimal Dua Jam

Menurut dia, selain tes acak antigen, juga akan dilakukan vaksinasi kepada wisatawan yang belum menjalani vaksinasi. “Dua kegiatan ini akan dilakukan saat libur akhir tahun,” kata Yudiria.

Dia berharap dengan mewajibkan wisatawan memindai QR Code Sugeng Rawuh yang sudah disediakan tiap Zona, wisatawan mentaati peraturan tersebut. Langkah ini menjadi upaya dalam pembatasan kapasitas di tiap zona di Malioboro dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat dan wajib vaksin. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *