Pesan Sri Sultan Saat Meresmikan Gedung DPRD dan Kantor Bupati Sleman

  • Whatsapp
Sultan resmikan gedung dprd sleman
Sri Sultan HB X meresmikan gedung DPRD dan Kantor Bupati Sleman. (Foto: Pemda DIY)

Yogyakarta – Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X meresmikan Gedung DPRD dan Kantor Bupati Kabupaten Sleman, Selasa, 21 Desember 2021. Kedua bangunan beserta seluruh sarana prasarana penunjang diselesaikan dalam situasi masyarakat yang sedang prihatin akibat pandemi Covid-19.

Sri Sultan mengatakan, seyogyanya peresmian dua gedung ini dimaknai sebagai hadiah rakyat. Hadiah yang dimotori oleh harapan, pelayanan dan benefit yang diterima masyarakat pun dapat lebih maksimal.

Read More

Baca Juga: Resmi Dimulai, 1.300 Anak Usia 6-11 Tahun di Yogyakarta Ikuti Vaksinasi

“Jadikan kedua gedung yang ini sebagai tonggak pengingat fisik atas ikrar, janji, komitmen, dan rencana yang pernah dibuat, sekaligus sebagai cambuk mental dalam melunasi utang janji, utang kewajiban, dan utang pengabdian kepada masyarakat,” ujar Ngarsa Dalem, sapaan lain Sri Sultan.

Raja Keraton Yogyakarta menyatakan, dalam pernyataannya di media massa, Ketua DPRD Sleman mengungkapkan selain fungsi utama sebagai kantor, gedung DPRD pasca renovasi rencananya juga akan mewadahi aktivitas ekonomi masyarakat, khususnya UMKM. “Besar harapan saya, agar SDM, gedung, beserta seluruh sarana prasarana pendukungnya dapat dioptimalkan pemanfaatannya, sesuai dengan komitmen dan rencana yang pernah dibuat,” pesan Sri Sultan.

sultan tinjau gedung sleman
Sri Sultan HB X meninjau gedung DPRD dan Kantor Bupati Sleman. (Foto: Pemda DIY)

Baca Juga:

Ngarsa Dalem mengapresiasi gedung dibangun berdasarkan nilai-nilai lokal. Unsur filosofi dan budaya lokal telah turut dipertimbangkan dan diaplikasikan. “Ini adalah langkah kecil, namun konkret dan layak diapresiasi, sebagai perwujudan upaya dalam menunjukkan identitas dan jati diri Yogyakarta serta dalam melestarikan dan memperkenalkan budaya kita kepada khalayak luas,” urai Sri Sultan.

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo menuturkan biaya pembangunan gedung Setda Sleman yang berdiri di tanah seluas 3.455 meter persegi dilakukan bertahap sejak 2018. “Pembangunannya dari APBD yang dilakukan dalam dua tahap yakni tahun 2019 dengan nilai kontrak Rp15 miliar dan tahun 2020 dengan nilai Rp26 miliar,” ungkapnya.

Baca Juga: Ini Dia 12 Event Unggulan Wisata Selama 2022 di Kota Yogyakarta

Pembangunan Gedung DPRD Sleman dilakukan sejak 2018 hingga 2020 dengan bersumber dari APBD Sleman. “Nilai anggarannya mencapai Rp91,8 miliar,” ungkapnya.

Bupati Kustini berharap pembangunan gedung tersebut diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat dan dapat menjadi kebanggaan warga Sleman. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *