Dampak Kejadian Bencana Hidrometeorologi di Sleman, Bantul dan Kota Yogyakarta

  • Whatsapp
angin kencang jogja
Ilustrasi dampak hujan deras disertai angin kencang di Yogyakarta. (Foto: Istimewa)

Yogyakarta – Kejadian hidrometeorologi berupa hujan lebat disertai angin kencang melanda sejumlah daerah di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Dampak kerusakan selain di Kabupaten Sleman, juga dilaporkan terjadi di Kabupaten, Kota Yogyakarta dan Gunungkidul.

Pusat Pengendalian dan Operasional (Pusadalops) Penanggulangan Bencana BPBD DIY menyebutkan kejadian hidrometeorologi terjadi pada pukul 12.10 WIB. Sebelumnya, BMKG Stasiun Meterologi YIA mengeluarkan peringatan dini Cuaca di DIY pada Pukul 10:50 WIB yang kemudian diupadate pada 11:38, 12:25, dan 14:15 WIB.

Read More

Baca Juga: Angin Kencang Robohkan Rumah di Karangmojo Gunungkidul

Pusadalops PB DIY melaporkan, akibat hujan deras dan angin yang cukup kencang menyebabkan beberapa pohon tumbang menimpa rumah warga, bangunan maupun menutup akses jalan. Selain itu juga dilaporkan tiang listrik roboh.

Di Kabupaten Bantul dilaporkan ada dua kapanewon yakni Kasihan dan Banguntapan yang terdampak.
1. Kapanewon Kasihan:
Pohon Flamboyan berdiamieter 80 cm menimpa rumah Kasiono, Sumberan RT.4 Jadan, kerusakan 500 biji genting pecah, kayu reng dan usuk patah. Kebutuhan mendesak terpal penanganan awal FPRB Tamantirto. Di Padukuhan Brajan RT 8 beberapa rumah warga genting beterbangan dan pohon sawo dan pohon sengon laut roboh. Sedangkan di Brajan RT 9 beberapa rumah warga genting berterbangan dan satu pohon kelapa tumbang menimpa rumah warga.

Baca Juga: Peringatan Dini Hujan Lebat Disertai Angin Kencang Hari Ini di Yogyakarta

2. Kapanewon Banguntapan:
Satu iang listrik patah di Jl. Raya berbah, Tegalkopen, Banguntapan, Bantul. Tiang listrik masih tertahan karena kabel.

Di Kota Yogyakarta, dampak kerusakan terjadi di Kemantren Umbulharjo berupa pohon matoa tumbang menimpa rumah warga, Ponggalan UH 7/198. Selain itu pohon tumbang juga terjadi Lapangan Karang Kotagede yang sampai berita ini ditulis belum terkondisi.

Baca Juga: Angin Kencang Sporadis Terjang Empat Kapanewon di Sleman

Di Kabupaten Gunungkidul kejadian dampak hidrometeorologi dilaporkan terjadi di Kapanewon Playen berupa pohon tumbang satu titik, rumah rusak dua titik.

Adapun di Kabupaten Sleman, ada dua kapanewon yang paling banyak terdampak, yakni Seyegan dan Berbah. Untuk data kerusakan di Seyegan dan Berbah bisa klik di sini update data pada pukul 15.00 WIB dari BPBD Sleman. [Pusdalops PB DIY]

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *