Survei SMRC, Duet Prabowo dan Puan Berpotensi Paling Kuat Siapa pun Lawannya

  • Whatsapp
Prabowo - Puan
Prabowo Subianto - Puan Maharani. (Foto: Istimewa)

BacaJogja – Hasil survei Saiful Mujani & Consulting (SMRC) menujukkan akan terjadi persaingan ketat saat Prabowo Subianto berpasangan Puan Maharani melawan Anies Baswedan – Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Ganjar Pranowo – Airlangga Hartarto.

Pasangan calon tersebut merupakan hasil simulasi SMRC terkait Pemilu Presiden dan Wakil Presiden 2024. Hasil survei ini dipaparkan Saiful Mujani dalam kanal YouTube SMRC TV.

Read More

Baca Juga: Pakar Komunikasi Politik Sebut Puan Maharani Punya Modal Kuat Jadi Pemimpin

Dalam salah satu simulasi dengan pilihan tertutup terhadap dua pasangan tersebut, hasil survei menunjukkan pasangan Prabowo – Puan mendapat dukungan 41 persen. Unggul dibanding Anies – AHY yang mendapat dukungan 37,9 persen. Sebanyak 21 persen menjawab tidak tahu atau tidak menjawab.

“Ini seimbang. Selisihnya tidak terlalu signifikan secara statistik, 41 dengan 38. Hanya 3 persen,” kata Saiful Mujani dikutip pada Sabtu, 23 April 2022.

Baca Juga: Ketua DPR Puan Maharani Hujan-hujan Tanam Padi dan Semangati Petani Milenial Sleman

Pendiri SMRC ini juga melakukan dalam simulasi lain yakni pasangan Prabowo – Puan juga masih memiliki kans kuat saat dihadapkan dengan duet Ganjar – Airlangga. Hasilnya juga seimbang. Dalam simulasi tertutup, Prabowo – Puan mendapat dukungan 39,3 persen. Beda tipis dari Ganjar – Airlangga yang mendapat dukungan 40,3 persen. Sementara, 20,5 persennya tidak tahu atau tidak menjawab.

Sementara, dalam simulasi tiga poros, angka dukungan ketiganya sangat seimbang satu sama lain. Anies – AHY mendapat dukungan 29,8 persen, Ganjar – Airlangga 28,5 persen, dan Prabowo – Puan sebesar 27,5 persen. Sementara 14,3 persen tidak tahu atau tidak menjawab. “Hasilnya saya sebut ini seimbang. Kita lihat perkembangan dua tahun ke depan seperti apa,” kata Saiful.

Baca Juga: HUT ke-49 PDI Perjuangan, DPC Kota Yogyakarta Komitmen Perjuangkan Rakyat

Survei ini dilakukan dengan melibatkan 1.027 responden, dengan margin of error kurang lebih 3,12 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. Survei ini dilakukan dengan wawancara tatap muka pada 13-20 Maret 2022. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *