Fast Respons Segala Aduan Selama Liburan di Kota Jogja, Hubungi Nomor Ini

  • Whatsapp
tugu pal putih
Ikon Yogyakarta, Tugu Pal Putih. (Foto: Istimewa)

BacaJogja – Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta resmi meluncurkan nomor aduan 081138701777. Nomor ini dapat dimanfaatkan pemudik atau wisatawan selama menikmati libur Lebaran jika mengalami hal-hal yang merugikan.

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Yogyakarta Wahyu Hendratmoko mengatakan aduan atau keluhan maupun hal negatif seperti parkir dan kuliner nuthuk, parkir liar dan lainnya bisa diakses melalui aplikasi WhatsApp di nomor 081138701777. “Laporannya pun bisa langsung ditindaklanjuti,” katanya, Jumat, 28 April 2022.

Read More

Baca Juga: Jadwal Vaksinasi dan Swab Antigen Gratis Selama Libur Lebaran di Yogyakarta

Dia mengatakan, selain pesan singkat, layanan voice call pun tersedia selama 24 jam non stop. Selain itu, nomor aduan dilengkapi pula dengan tim respons cepat. Tim ini merupakan gabungan beberapa organisasi perangkat daerah (OPD) sehingga segala jenis aduan dapat tertampung dan ditindaklanjuti secara cepat.

“Sesuai arahan Pak Wawali, semua OPD terkait ada di dalamnya. Sudah diminta membentuk tim respons cepat, untuk melakukan tindak lanjut terhadap laporan wisatawan di Kota Yogyakarta dalam 2×24 jam,” kata Wahyu.

Baca Juga: Pemkot Yogyakarta Bentuk Posko Aduan, termasuk soal Nutuk Parkir

Menurut dia, Pemkot Yogyakafrta sebenarnya selama ini sudah memiliki kanal aduan melalui aplikasi terpadu Jogja Smart Service (JSS). Hanya saja, JSS ini kurang familiar bagi wisatawan. “Wisatawan lebih sering mengadu di medsos hingga akhirnya viral dan meimbulkan polemik,” kata dia.

Atas dasar itulah Pemkot Yogyakarta meluncurkan nomor aduan 081138701777. “Kami sediakan nomor aduan untuk meningkatkan layanan dengan tim respons cepat. Setiap informasi dan aduan yang disampaikan wisatawan atau pemudik yang masuk langsung direspons cepat,” tegasnya.

Baca Juga: Basarnas Yogyakarta Siagakan 83 Personel Selama Lebaran 2022

Menurut dia, aduan masuk yang dapat membalas pejabat minimal Eselon 3. “Supaya memiliki kewenangan untuk menggerakkan unit-unitnya dan melakukan respons cepat ini,” ujarnya. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *