70 Kolektor Tosan Aji Pameran di Pasar Seni Gabusan Bantul

  • Whatsapp
tosan aji jogja
Pameran tosan aji di Pasar Seni Gabusan Bantul. (Foto: Dok, Pemkab Bantul)

BacaJogja – Tosan aji, salah satu senjata pusaka tradional khas masyarakat Jawa. Di Kabupaten Bantul Yogyakarta, menjadi daerah penghasil senjata berbentuk keris ini.

Pecinta dan kolektor tosan aji ini sangat banyak. Untuk mempererat komunitas atau paguyuban keris ini, mereka menggelar pameran tosan aji yang digelar Pasar Seni Gabusan, yang berlokasi di Jalan Parangtritis, Balong, Kalurahan Timbulharjo, Kapanewown Sewon, Kabupaten Bantul.

Read More

Baca Juga: Menengok Dusun Perajin Keris di Sisi Tenggara Makam Raja-raja Mataram di Imogiri Bantul

Acara ini merupakan inisiatif dari insan perkerisan di Yogyakarta bekerja sama dengan Pemkab Bantul. Pameran yang dihelat selama tiga hari, 27-29 Mei 2022 ini sekaligus untuk memperkuat Kabupaten Bantul sebagai salah satu gerbang keistimewaan Yogyakarta.

GBPH Yudaningrat selaku dewan pembina berharap pameran tosan aji rutin digelar di kemudian hari dengan dukungan dari Pemkab Bantul. “Pameran tosan aji ini bertujuan lebih mengenalkan kepada masyarakat luas, khususya generasi muda agar mengetahui pusaka leluhur,” ungkapnya.

Baca Juga: Asyiknya Berburu Barang Antik dan Jadul di Pasar Seni Gabusan Bantul Yogyakarta

Bupati Bantul Abdul Halim mengatakan, Bantul menajdi sentra tosan aji pertama di Yogyakarta. Pameran ini dapat menjadi edukasi bagi masyarakat.

Dia mengatakan, tosan aji dapat memperkuat posisi Yogyakarta sebagai entitas budaya yang diakui oleh Indonesia dan dunia. “Jika sentra tosan aji dapat dikembangkan di sini, berarti menjadi satu-satunya di Indonesia,’ ungkap Halim.

Baca Juga: Festival Ahli Gambar Para Sungging dengan Karya Menakjubkan di ISI Yogyakarta

Dalam pameran ini juga digelar bursa perdana tosan aji. Acara diikuti 70 peserta dari kabupaten di Yogyakarta, Jawa Timur, dan Jawa Tengah. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *