Unik, Perekaman Foto E-KTP ODGJ di Tepi Selokan Sleman

  • Whatsapp
foto e-ktp di selokan sleman
Pengmabilaan foto e-KTP ODGH dilakukan di selokan. (Foto: Pemkab Sleman)

BacaJogja – Penampakan tak biasa tersaji di Sleman Yogyakarta. Seorang pria yang diketahui sebagai orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) difoto petugas untuk keperluan pembuatan KTP elektronik atau E-KTP.

Uniknya pengambilan foto dilakukan di pinggir selokan area persawahan. Tampak petugas membentangkan kain warna biru dan merah di belakang si ODGJ sebagai background pengambilan foto seperti layaknya sesuai ketentuan yang berlaku.

Read More

Baca Juga: ODGJ di Kulon Progo Tertinggi di Yogyakarta, Peringkat Kedua Nasional

Perekaman foto E-KTP ODGJ ini dipublikasikan Pemkab Sleman melalui akun Facebook @pemkabsleman seperti dilihat BacaJogja pada Kamis, 16 Juni 2022.

Adapun ODGJ yang difoto di tepi selokan tersebut berada di Kalurahan Margoluwih, Kapanewon Seyegan pada 7 Juni 2022. Tim dari Disdukcapil Kabupaten Sleman mendatangi ODGJ tersebut untuk dibantu dalam pembuatan KTP elektronik. Pembuatan KTP elektronik juga langsung dikerjakan di tepi selokan itu.

Baca Juga: Viral Gelandangan Salat Jumat di Luar Pagar Masjid Kalasan Sleman

Apa yang dilakukan Pemkab Sleman ini sebagai upaya mendukung kebijakan pemerintah pusat berkaitan dengan pelayanan kesejahteraan sosial berupa pembuatan KTP elektronik bagi seluruh masyarakat.

Berkaitan hal itu, Pemkab Sleman melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) memfasilitasi perekaman KTP elektronik untuk warga lansia, penyandang disabilitas, serta Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) dengan program Jemput Bola.

Baca Juga: ODGJ yang Merusak Mobil Polsek Galur Dibius lalu Dibawa ke RSJ Grhasia

Program Jemput Bola bertujuan untuk mendekatkan pelayanan agar masyarakat yang belum rekam KTP namun tidak memungkinkan datang ke Dukcapil Sleman atau Kapanewon bisa mendapatkan haknya untuk memiliki dokumen kependudukan.

Permohonan dapat dikoordinasikan dengan Perangkat Kalurahan setempat. Proses perekaman KTP sama dengan perekaman di Kapanewon, mulai pengambilan foto hingga rekam biometric sidik jari.[]

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *