Alumni Fisip Unsoed Luncurkan Aplikasi IKAFU.ID, Ini Fitur Keunggulannya

  • Whatsapp
aplikasi ikafu unsoed
Aplikasi Ikafu (Foto: Istimewa)

BacaJogja – Hadir aplikasi IKAFU.ID besutan Ikatan Alumni Fisip Unsoed (Ikafu). Selain punya manfaat mempererat silaturahmi antar-anggota juga ada peluang bisnis digital dalam fitur pada aplikasi yang baru soft launching belum lama ini.

Seketaris Jenderal (Sekjen) Ikafu Nazarudin Latif mengatakan, aplikasi Ikafu sudah bisa diunduh di PlayStore. Cukup mudah untuk mengunduhnya. Masuk ke PlayStore lalu ketik di kolom pencarian/search “IKAFU.ID.

Read More

Baca Juga: Keren, Aplikasi Salin Saja Mampu Menerjemahkan Bahasa Indonesia ke Aksara Jawa

Rencananya ada tiga fitur utama dalam aplikasi ini. Pertama adalah kartu anggota dalam bentuk e-card dan kabar berita. E-Card adalah fitur kartu tanda anggota elektronik Ikafu. Para pemegang kartu ini akan mendapatkan beberapa keuntungan, antara lain bisa mendapatkan diskon dari para penyedia produk baik barang maupun jasa.

“Kami baru melakukan soft launching, sedang menggali masukan dari para alumni untuk pengembangan aplikasi ini,” ujar Nazarudin dalam siaran pers, Selasa, 20 September 2022.

Sejauh ini kerjasama telah dilakukan dengan Indah Logistik (Layanan Pengiriman Paket), Laman Dosen (schoters.lamandosen.com) dan #KebeletPiknik (Layanan Jasa Travelling).

Baca Juga: Aplikasi Jogja Istimewa, Bikin 97 Persen Yogyakarta Ada di Genggaman

Dia mengatakan, benefit untuk para pemegang kartu akan terus dikembangkan. Misalnya dengan menggandeng para pengelola tempat wisata untuk memberikan diskon tiket masuk, diskon hotel hingga perjalanan kereta api. Para anggota IKAFU yang mempunyai usaha bisa ikut sebagai penyedia diskon, merchandise.

Nazarudin mengungkapkan, fitur lain yang sedang dikembangkan adalah marketplace. Fitur ini akan menjadi menu andalan Ikafu.id. Jumlah alumni yang sudah mencapai 10.000 orang dan terus bertambah tiap tahun merupakan potensi pasar yang cukup besar.

Gairah kewirausahawan di kalangan alumni cukup besar terbukti dari banyaknya alumni yang menjadi pengusaha, baik jual beli barang maupun jasa.

Baca Juga: Digital Korlantas, Aplikasi Perpanjangan SIM Tanpa Antre

“Fitur marketplace ini akan membantu pengembangan usaha para alumni dengan semangan kekeluargaan atau “teman bantu teman”. Lebih baik beli di toko teman sendiri, menjalin silaturahmi sekaligus bantu teman,” jelasnya.

Menurut Nazarudin, fitur ini di masa mendatang juga juga akan digunakan untuk menggalang pendanaan baik untuk aktivitas sosial, beasiswa maupun kebencanaan.

Bagian Humas Ikafu Dian Deliana menambahkan, fitur lain yang sudah tersedia saat ini adalah berita yang berisi informasi terkait dengan aktivitas alumni, aktivitas kampus Fisip, beasiswa, lowongan kerja, berita duka, informasi prestasi dan lain-lain.

“Fitur ini membuat para alumni tidak ketinggalan berita tentang kampus dan dunia pendidikan lain,” ujarnya. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *